Menpora Harus Turun Tangan Atasi Geng Motor

Senin, 24 November 2014 - 23:15 WIB
Menpora Harus Turun Tangan Atasi Geng Motor
Menpora Harus Turun Tangan Atasi Geng Motor
A A A
JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) disarankan untuk turun tangan mengatasi permasalahan geng motor. Pasalnya, aksi kekerasan geng motor saat ini merata dan meluas.

Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Bambang Widodo Umar mengatakan, Menpora harus turun tangan mengatasi masalah geng motor.

Karena, ulah mereka saat ini sudah merata dan meluas. Bahkan, sudah mengarah kepada tindakan kekerasan. Sehingga diperlukan tindakan tepat guna agar mereka bisa jera.

"Implementasikan fungsinya, jangan hanya mengurusi olahraga saja tetapi untuk urusan geng motor yang merupakan anak muda diabaikan. Menteri harus turun tangan," kata Bambang Widodo Umar, Senin (24/11/2014).

Pemerintah, kata Bambang, harus punya cara khusus menangani geng motor. Misalnya dengan membuatkan fasilitas bagi mereka sehingga mereka tidak bertindak disorientasi.

Karena, kalau tidak ada penyaluran ekspresi maka mereka akan melakukan tindakan di luar nalar."Menteri yang harus bertanggungjawan mengelola keberadaan geng motor," tegasnya.

Di sisi penagakan hukum, sambung Bambang, harus diberikan tindakan tegas bagi geng motor yang melakukan tindakan kekerasan.

Jika mereka melakukan tindak pidana, maka sanksi tegasnya harus dibawa ke ranah peradilan.

"Walaupun anak-anak tetap harus dilakukan tindakan tegas. Kalau harus dititipkan ke lembaga pemasyarakatan anak ya enggak apa-apa. Jangan kemudian dikembalikan ke keluarga dan dilakukan pembinaan tapi nanti mengulangi," ujarnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5885 seconds (0.1#10.140)