Koneksi Tetap Hebat di Area Pegunungan

Senin, 24 November 2014 - 15:45 WIB
Koneksi Tetap Hebat di Area Pegunungan
Koneksi Tetap Hebat di Area Pegunungan
A A A
YOGYAKARTA - PT Smartfren Telecom melakukan network drive test untuk menguji kehebatan layanan jaringannya.

Penyedia layanan telekomunikasi berbasis CDMA ini mengajak beberapa jurnalis di Jawa Tengah dan DIY untuk ini. Uji jaringan ini, masingmasing jurnalis dibekali ponsel Smartfren Andromax i3S. Pengujian sinyal dengan Rev.A atau setara 3G jaringan GSM. Perjalanan dimulai dari Kantor Smartfren di Jalan Ahmad Yani Semarang, Rabu (19/11/2014) pekan lalu.

Menuju Yogyakarta melewati Kabupaten Semarang-Kota Magelang-Kabupaten Magelang hingga Yogyakarta. Untuk mengujinya, gadget itu dilengkapi aplikasi RF Signal Tracker yang diunduh dari google. Sepanjang perjalanan, pergerakan sinyal rata-rata -70dBM hingga -110 dBM. Artinya sinyal dalam kondisi normal.

Begitu pun saat keesokan harinya, menguji sinyal di kawasan Desa Kinahrejo, Cangkringan, DIY atau sekitar 4 km dari puncak Gunung Merapi. Walaupun agak menurun, namun tidak sampai lost sinyal. Vice President Network-Technology Group Smartfren, Munir Syahda Prabowo, mengatakan pihaknya sengaja mengajak wartawan untuk drive test agar melihat sendiri kemampuan jaringannya.

“Memang ada beberapa tempat masih belum bagus sinyalnya. Misal di Temanggung, tapi karena itu memang blank spot , operator lain juga meng alaminya,” kata dia di Yogyakarta pekan lalu. Ia menambahkan, uji jaringan ini juga sudah dilakukan di Hutan Cuban Rondo, Malang, Jawa Timur dan Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat.

“Rata-rata hasilnya memuaskan. Persentase terjadinya kejelekan masih bisa diterima, karena kecil sekali. Dengan tim saya, ini juga akan cepat dibenahi,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Smartfren juga melakukan Coorporate Social Responsibility (CSR). Memberikan bantuan perangkat WiFi kepada empat sekolah, masing-masing SMP Kanisius Pakem Yogyakarta, SD Marsudirini Yogyakarta, SD Tumbuh Yogyakarta, dan TK-Playgroup ECCD-RC Togyakarta.

Head Marketing and Corporation Strategy Smartfren Telecom Roberto Saputra mengatakan, bantuan ini sengaja diberikan dalam rangka komitmen pihaknya ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Eka Setiawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9267 seconds (0.1#10.140)