Perenang China Positif Tenggak Doping

Senin, 24 November 2014 - 15:21 WIB
Perenang China Positif Tenggak Doping
Perenang China Positif Tenggak Doping
A A A
BEIJING - Satu lagi kasus doping menyeruak ke permukaan. Belum juga vonis dijatuhkan pada pebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, kali ini giluran perenang Chinga. Sun Yang dikabarkan positif menenggak doping.

Menurut xinhua, Senin (24/11), perenang yang kerap menjadi andalan China di ajang multievent seperti olimpiade itu telah dijatuhi hukuman tiga bulan tidak boleh tanding. Sun Yang dinyatakan gagal tes doping pada Juli lalu setelah urinenya terdapat kandungan trimetazidine. Sedangkan zat haram ini diakui masuk ke tubuhnya pada Mei lalu.

Sun Yang di Asian Games lalu telah menyumbangkan medali emas untuk nomor 1.500 meter dan 400 meter gaya bebas serta 4x100 meter estafet. Meski terdeteksi mengonsumsi doping, Sun Yang masih bisa tampil di Asian Games dan inilah yang menjadi tanda tanya besar.

Dalam laporan xinhua itu juga tidak disebutkan mengapa Sun Yang bisa berlomba di ajang bangsa Asia itu. Mereka hanya menyebutkan jika perenang tersebut positif doping pada 17 Mei lalu saat tampil di Kejuaraan Nasional China.

Trimetazidine telah dimasukan oleh Badan Anti-Doping Dunia (WADA) pada Januari tahun lalu. Sun Yang sendiri mengaku jika ia menggunakan obat tersebut dengan alasan kesehatan dan tidak mencantumkan dalam daftar obat saat dilakukan tes.

Sun Yang merupakan peraih emas 400 dan 1.500 meter gaya bebas di Olimpiade 2012 London. Ia pun meraih lima gelar juara dunia, namun sekara masa depanya terancam dengan kasus doping ini
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5716 seconds (0.1#10.140)