Hendak Digulingkan Barat, Putin: Rusia tak Terkalahkan

Senin, 24 November 2014 - 10:58 WIB
Hendak Digulingkan Barat, Putin: Rusia tak Terkalahkan
Hendak Digulingkan Barat, Putin: Rusia tak Terkalahkan
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin, menuduh negara-negara Barat hendak menggulingkan rezimnya. Tapi, Putin mengklaim bahwa Rusia pada saat ini tidak terkalahkan.

Tuduhan Putin terhadap negara-negara Barat soal upaya penggulingan rezimnya itu mengacu kapada penjatuhan saksi ekonomi yang berat terhadap teman-teman miliardernya di Moskow.

“(Ada) upaya menghukum teman-teman saya. Saya tidak akan meninggalkannya. Ini adalah cara untuk menabur perselisihan di dalam elite,” kata Putin. Dia bahkan mengklaim sanggup berkuasa untuk satu dekade lagi. (Baca: Putin Kembali Kalahkan Obama, Ini 25 Tokoh Kuat Dunia)

Putin juga merasa benar untuk menggunakan kekuatan militer saat mencaplok Crimea dari Ukraina beberapa bulan lalu.”Karena kita lebih kuat. Lebih kuat dari semua orang, karena kita benar. Kebenaran adalah kekuatan. Ketika Rusia merasa dia benar, dia tak terkalahkan,” ucap Putin, seperti dikutip Mail Online, Senin (24/11/2014).

Tuduhan, bahwa negara-negara Barat ingin menggulingkan rezim Rusia juga disampaikan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, akhir pekan lalu. Indikasinya, sama seperti yang disampaikan Putin, yakni dengan penjatuhan sanksi-sanksi ekonomi yang berat terhadap para miliarder Rusia yang menjadi sekutu Presiden Putin. (Baca juga: Barat Ingin Ada Perubahan Rezim di Rusia)

Putin membantah, bahwa dia menutup Rusia dari Barat di tengah ramainya tuduhan bahwa dia menjadi pemimpin otoriter dari hari ke hari.“Kami menyadari (bahaya) kematian dari ‘Tirai Besi’ terhadap kita. Dan tidak ada yang akan membangun dinding di sekitar kita,” ujarnya membantah tuduhan bahwa Rusia menutup diri dari Barat.

Presiden Rusia berusia 62 tahun itu mulai berkuasa di Rusia sejak menjadi perdana menteri dan berlanjut menjadi presiden Rusia pada tahun 2012. Dia tidak menutup kemungkinan untuk berkuasa kembali pada tahun 2018. ”Ada kemungkinan saya maju kembali sebagai calon presiden. Apakah itu akan terjadi? Saya belum tahu,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5103 seconds (0.1#10.140)