Berikan Dukungan & Cinta terhadap Penderita Kanker

Senin, 24 November 2014 - 06:50 WIB
Berikan Dukungan & Cinta terhadap Penderita Kanker
Berikan Dukungan & Cinta terhadap Penderita Kanker
A A A
PENYAKIT kanker datang tidak terduga dan mengejutkan penderitanya. Bahkan orang-orang yang dianggap memiliki kesehatan prima dapat didiagnosis kanker, sehingga membutuhkan pengobatan yang cepat. Dalam kondisi seperti itu, akan muncul perasaan tidak berdaya, marah, frustrasi, dan kesedihan.

Selain itu, mitos-mitos kanker yang berkembang seperti 'kanker dapat menyebar melalui sentuhan' atau 'semua kanker yang hereditory' memunculkan perasaan seperti lebih putus asa. Namun, banyak yang dapat keluarga dan teman-teman lakukan untuk membantu pasien, orang yang dicintai, untuk menangani fase sulit dalam kehidupannya.

Seperti dikutip health me up, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu orang-orang yang dicintai dalam mengatasi dan berjuang melawan penyakit kanker.

- Sikap positif
Sikap positif pasien bersama dengan harapan dan tekad yang kuat memainkan peran penting untuk memulihkan dan pengobatan penyakit kanker. Pasien harus diberika pemikiran yang positif, karena ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan optimisme.

- Mendengarkan
Kadang-kadang hanya mendengarkan adalah cara terbaik untuk merawat orang terkasih Anda yang sedang menjalani pengobatan kanker. Jika pasien ingin berbagi pengalaman dan perasaannya, maka beri kesempatan dia menyampaikan curahan hatinya. Tidak memberikannya janji-janji palsu dan optimisme yang tidak masuk akal.

- Keikutsertaan
Jangan membuat orang terkasih Anda merasa merasa lebih sakit dengan membatasi kegiatan sehari-harinya. Jika dokter menyarankan tidak apa-apa dengan aktivitas tersebut, biarkan dia melakukan tugas sehari-hari dengan mandiri. Libatkan juga dia dalam pekerjaan dan kegiatan rumah tangga sebanyak mungkin.

- Pengecualian
Jangan membahas penyakit dengan keluarga, teman dan kerabat, terutama mereka yang tidak terlibat dalam perawatan atas pasien. Hal ini untuk mencegah orang lain dari berbagi pengalaman serasi yang mungkin meninggalkan kesan negatif pada pasien. Jangan terus menerus membahas kondisi penyakit dengan pasien. Mengucilkan penderita kanker dari bagian keluarga, karena dianggap dapat menularkan penyakit.

- Gaya Hidup
Membantu penderita kanker untuk melakukan diet yang sehat, higienis dan seimbang, sebaiknya tinggi protein, kalori dan karbohidrat. Selain meningkatkan kesehatan, diet seperti ini juga membantu menjaga depresi di teluk. Berikan dorongan terhadap pasien untuk sering makan makanan dan mengurangi makanan yang berat. Pasien banyak mengkonsumsi cairan. Pasien kanker harus mendapatkan istirahat yang cukup dengan tidur 8-10 jam setiap malam dan 2 jam tidur di siang hari.

- Lingkungan
Kamar pasien harus dapat mengakses mudah ke sinar matahari langsung. Hindari kamar gelap seperti ini menyebabkan depresi. Jangan pernah meninggalkan pasien sendiri untuk waktu yang lama.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7570 seconds (0.1#10.140)