Lelang Jabatan, Kompetensi SDM di Kemenkeu Dipertanyakan

Minggu, 23 November 2014 - 15:43 WIB
Lelang Jabatan, Kompetensi SDM di Kemenkeu Dipertanyakan
Lelang Jabatan, Kompetensi SDM di Kemenkeu Dipertanyakan
A A A
JAKARTA - Proses lelang jabatan yang dilakukan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), salah satunya untuk calon direktur jenderal (Dirjen) pajak menggugurkan asumsi bahwa pegawai di Kemenkeu memiliki kompetensi.

Hal tersebut disampaikan ekonom dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Mangasa A Sipahutar. Menurutnya, proses lelang jabatan untuk sekelas dirjen pajak bukan menjadi sesuatu yang istimewa. Justru hal tersebut menunjukkan tidak ada SDM yang memadai di lingkungan Kemenkeu.

"Dalam kaitan itu, apabila organisasi membuka lowongan kerja atau lelang, maka gugurlah asumsi yang mengatakan di dalam organisasi itu memiliki SDM yang kompetensinya bagus. Enggak perlu dibuat pansel (panitia seleksi), kalau di lingkungan tersebut kompetensinya bagus," ujarnya di Restoran Waroeng Daun, Jakarta, Minggu (23/11/2014).

Dia menuturkan, proses lelang jabatan pada dasarnya lumrah dilakukan oleh perusahaan kelas dunia. Namun, yang menjadi sorotan lantaran proses pelelangan untuk pegawai negeri sipil (PNS) sekelas dirjen pajak.

"Yang namanya lelang, itu lumrah. Dilakukannya rekrutmen, karena tidak ada yang memenuhi persyaratan di dalam. Kalau di sana ada yang berpotensi, sudah tidak tepat lelang jabatan. Walaupun sebetulnya apakah internal atau eksternal tidak jadi persoalan," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6412 seconds (0.1#10.140)