Komisi III Sesalkan Penyerangan Anggota TNI Terhadap Mako Brimob

Minggu, 23 November 2014 - 15:28 WIB
Komisi III Sesalkan Penyerangan Anggota TNI Terhadap Mako Brimob
Komisi III Sesalkan Penyerangan Anggota TNI Terhadap Mako Brimob
A A A
BATAM - Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsudin menyesalkan peristiwa penyerangan anggota TNI dari Yonif 134/Tuah Sakti terhadap Mako Brimobda Kepri. Karena penyerangan tersebut mengakibatkan rusaknya sejumlah aset negara.

"Kami datang untuk melihat titik daripada bangunan bekas serangan, kebakaran Barak Teratai oleh oknum TNI. Mereka sengaja menyusup untuk menyerang, merusak aset negera oleh aparat negara sendiri," ujar Aziz di Mako Brimob Polda Kepri, Minggu (23/11/2014).

Saat berkunjung Aziz Syamsudin serta rombongan didampingi Kapolda Kepri Brigjen Pol Arman Depari dan Kasat Brimob Polda Kepri, Kombes Pol Tory Kristianton.

Setelah melihat langsung bekas penyerangan oleh anggota Yonif 134 Tuah Sakti terhadap Mako Brimob Polda Kepri, Aziz Syamsudin, menyatakan kejadian ini harus diusut tuntas dengan tujuan agar tidak terjadi dengan hal yang serupa.

Bentrok TNI-Polri ini menjadi hal yang tidak pantas terjadi di tengah masyarakat, karena merusak kenyamanan dan keamanan masyarakat.

"Sudah ke sekian kali terjadi seperti di Jawa Tengah di Batam, dan Batam lagi. Kita sangat perihatin ya, karena aset negera dirusak oleh aparat negera sendiri, menjadi hal yang tidak bagus contoh di masyarakat," katanya.

Setelah pulang dari Batam ini, Komisi III kata Aziz, akan melakukan rapat dengan Kapolri dan Panglima TNI.

Lalu berkoordinasi dengan Komisi I untuk melakukan penyelesain ini. Menurutnya, langkah pertama dilakukan pemerintah untuk mencegah bentrok agar tidak terulang lagi memberikan kesejahteraan TNI-Polri.

Kemudian, dia berpendapat bahwa TNI-Polri yang di lapangan belum sepenuhnya menyatu, karena belum ada yang bisa terima.

"Setelah pulang akan rapat dengan Kapolri, Koordinasi dengan Komisi I, serta Panglima untuk merapatkan penyelesaian ini. Saya yakin di lapangan belum menyatu ini. Pasti ada yang belum terima," katanya.

Di tempat yang sama, Kasat Brimob Polda Kepri, Kombes Pol Tory Kristianto menyampaikan rasa terima kasih kepada Komisi III karena sudah datang melihat langsung.

Dia juga menunjukkan tempat-tempat yang diserang oleh anggota Yonif 134 Tuah Sakti seperti di Barak Teratai, gedung Kompi A Pelopor, dan gedung Mako Satu.

"Kami sangat berterima kasih atas kedatangan dari Komisi III DPR, artinya melihat betul markas kami diserang. Mereka melihat langsung penyerang terhadap markas kami mulai dari Barak Teratai, gedung Kompi A Pelopor dan gedung Satu Mako Brimob," kata Tory.

Tory menegaskan, dengan kejadian ini tentunya menjadi bahan kajian buat pemerintah.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5024 seconds (0.1#10.140)