DPRD Sesalkan Menteri LHK Libatkan LSM Asing

Minggu, 23 November 2014 - 03:05 WIB
DPRD Sesalkan Menteri LHK Libatkan LSM Asing
DPRD Sesalkan Menteri LHK Libatkan LSM Asing
A A A
PENANGANAN KEBAKARAN HUTAN - DPRD Riau mempertanyakan sikap Menteri Lingkungan Hidup dam Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya yang tidak melibatkan legeleslatif dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan di Riau. Ironisnya pemerintah justru melibatkan lembaga swadaya (LSM) asing.

Ketua Komisi B DPRD Riau Marwan Yohanes mengatakan, seharusnya pemerintah kompak dalam penanganan kebakaran hutan yang sudah 17 tahun tidak pernah ada jalan keluarnya.

"Kita sangat sayangkan mengapa pemerintah dalam hal ini Menteri LHK tidak melibatkan legislatif. Ini malah LSM asing yang diajak. Ini ada apa?. Seharusnya masalah kebakaran jadi pembahasan, eksekutif, yudikatif, legislatif dan semua unsur," kata Marwan, Sabtu 22 November kemarin.

Marwan menegaskan, seharusnya masalah kebakaran menjadi masalah dalam negeri. Jangan melibatkan pihak asing yang ikut-ikutan untuk menjadi 'pahlawan' dalam hal ini.

Padahal belum jelas apa sesungguhnya kepentingan LSM dibalik sikap seolah-oleh peduli lingkungan.

"Kita jangan percaya saja dengan LSM, belum tentu apa yang mereka lakukan murni untuk lingkungan. Kita harus waspada dengan LSM asing. Kita semua harus cari tahu apa sesungguhnya kepentingan mereka di Indonesia. Karena bisa saja mereka sedang mematai-matai di Indonesia itu bisa saja," tegasnya.

Untuk diketahui, Menteri LHK Siti Nurbaya datang ke Riau untuk melihat langsung masalah kebakaran hutan dan lahan.

Dalam misi ini, Siti mengajak LSM asing seperti Greenpeace untuk bekerja sama. Selain itu LSM lokal seperti WALHI dan Jikalahari juga turut dilibatkan.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5783 seconds (0.1#10.140)