Menpan RB Luncurkan e-Samsat Pertama di Indonesia

Minggu, 23 November 2014 - 00:17 WIB
Menpan RB Luncurkan e-Samsat Pertama di Indonesia
Menpan RB Luncurkan e-Samsat Pertama di Indonesia
A A A
BANDUNG - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi meresmikan elektronik Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (e-Samsat) Jawa Barat pertama kali di Indonesia.

"Tanpa kita benahi secara inklusif, Samsat sudah mengalami pembenahan-pembenahan. Polri sudah memiliki kesadaran bahwa tuntutan publik yang besar semakin meningkat," ujar Yuddy usai acara yang digelar di Mal Cihampelas Walk (Ciwalk), Sabtu (22/11/2014).

Menurut Yuddy, Samsat adalah salah satu institusi pelayanan publik yang sudah bisa berinovasi dengan baik. Salah satunya dengan bermunculaan Samsat Drive Thru diberbagi daerah.

"Inovasi seperti ini kan langka, bisa memangkas birokrasi yang berbelit dan mengurangi biaya tidak diperlukan. Karenanya e-Samsat bisa menjadi contoh diterapkan di provinsi lain," jelasnya.

Kapolda Jabar Irjen Pol M Iriawan menjelaskan, penggunaan e-Samsat sangat mudah. Masyarakat hanya datang ke bank yang ditunjuk dengan membawa nomor wajib pajak dan nomor kendaraan.

Setelah membayar, masyarakat selanjutnya mendatangi Kantor Samsat, Samsat Outlet atau pun Samsat Drive Thru untuk menukarkan bukti pembayaran dengan STNK baru.

"Manfaatnya sangat banyak di antaranya memangkas birokrasi, pungli serta kecepatan, keamanan pelayanan," tukasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9450 seconds (0.1#10.140)