Gatot Tunjuk Hasiholan Jadi Plt Sekda

Sabtu, 01 November 2014 - 15:11 WIB
Gatot Tunjuk Hasiholan Jadi Plt Sekda
Gatot Tunjuk Hasiholan Jadi Plt Sekda
A A A
MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho akhirnya menunjuk Hasiholan Silaen sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Sumut. Pada 1 Desember 2010, Hasiholan juga pernah menyandang jabatan sama.

“Sesuai Keputusan Gubsu No 821.23/2830/2014 tertanggal 31 Oktober 2014, maka Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho menunjuk Saudara Hasiholan Silaen sebagai Plt Sekdaprov Sumut mulai tanggal ditetapkan sampai dengan terpilihnya Sekdaprov Sumut definitif,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut Pandapotan Siregar saat membacakan surat keputusan (SK) di hadapan ratusan peserta Apel Purna Bhakti Nurdin Lubis, Jumat (31/10), di halaman Kantor Gubsu.

Penunjukan ini terpaksa dilakukan karena belum ada keputusan dari Presiden RI menetapkan pejabat Sekdaprov Sumut definitif. Sebelumnya, Gatot mengajukan tiga nama calon sekdaprov, yakni Arsyad Lubis, Hasban Ritonga dan Randiman Tarigan. Seusai pembacaan, Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho didampingi Wakil Gubernur Sumut T Erry Nuradi menyerahkan SK tersebut kepada Hasiholan Silaen.

“Untuk saudara Hasiolan Silaen sebagai Plt Sekdaprov Sumut, saya harapkan bisa membantu Gubsu dan Wagubsu melanjutkan pembangunan Sumut,” kata Gatot.

Dia mengatakan, sebenarnya nama Hasiholan Silaen bukan kejutan bagi rekan-rekan wartawan. Sebab sepuluh hari sebelumnya, Gatot sudah menyebut nama Hasiholan sebagai kandidat Plt Sekdaprov Sumut jika belum ada keputusan Presiden RI soal nama Sekdaprov Sumut definitif.

“Saya sudah sebut sebelumnya. Dia (Hasiholan Silaen) ini pejabat senior di Pemprov Sumut. Saya harap dengan senioritas itu, Plt Sekdaprov Sumut bisa membantu membentuk super team mendukung pembangunan Sumut,” ungkapnya.

Sementara Gatot juga menyampaikan terima kasih kepada Nurdin Lubis atas pengabdiannya selama tiga tahun sebagai Sekdaprov Sumut. Menurut dia, karier dan perjalanan Nurdin patut dicontoh oleh generasi di bawahnya. “Saya memberi beberapa catatan kepada Pak Nurdin dalam membantu tugas saya selama menjadi sekda. Sejak 1982 hingga 2014, dia selalu mengisi jabatan struktural sampai menjadi Sekdaprov Sumut. Ini menunjukkan Pak Nurdin punya kompetensi, kredibilitas, dan koordinasi yang tidak diragukan lagi,” kata Gatot.

Walaupun sudah pensiun, dia berharap Nurdin senantiasa membina generasi di bawahnya agar kelak dapat mengikuti jejaknya membangun Provinsi Sumut. “Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, saya mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kinerja Pak Nurdin dalam membantu roda pemerintahan Sumut. Saya menggarisbawahi, meski sudah pensiun, kontribusi Pak Nurdin sangat besar bagi perkembangan provinsi yang kita cintai ini,” ucap Gatot.

Dalam kesempatan itu, Nurdin Lubis secara simbolik menyerahkan kunci mobil dinasnya kepada Hasiholan Silaen sebagai tanda peralihan tugas. Seusai penyerahan itu, Hasiholan tak banyak berkomentar. Dia hanya menegaskan bahwa tugas ini bukan yang pertama dia pegang. Dia akan melanjutkan tugas-tugas sesuai petunjuk yang telah dikerjakan Nurdin Lubis. “Petunjuknya sudah ada. Jadi saya tinggal meneruskan. Lagian tugas ini bukan yang pertama untuk saya. Kalau diberikan kepercayaan, saya jalankan,” ujarnya.

Sebelumnya, Nurdin Lubis mengatakan, meski sudah pensiun, akan terus mengabdi membangun Sumut. Dia menyampaikan terima kasih dan rasa hormat kepada Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho atas kepercayaan dan amanah membantu serta mendampingi tugas Gubernur Sumut selama tiga tahun.

Fakhrur rozi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8548 seconds (0.1#10.140)