Merawat Gigi Putih dengan Makanan

Sabtu, 01 November 2014 - 12:12 WIB
Merawat Gigi Putih dengan Makanan
Merawat Gigi Putih dengan Makanan
A A A
LONDON - Menjaga dan merawat gigi putih agar tidak hanya didapatkan dari menyikat gigi. Makan pun ternyata mampu menjaga dan merawat gigi cemerlang, asal bisa memilih makanannya dengan benar.

Banyak yang beranggapan menghindari makan kari dan minum anggur kopi yang dapat meninggalkan noda di gigi adalah salah satu cara untuk menjaga agar gigi tetap putih. Tapi, menurut Anthony Zybutz, seorang dokter gigi asal Inggris, ada sejumlah makanan yang bisa membersihkan gigi secara aktif dan menjaganya tetap cemerlang.

Pada abad 21, banyak produk yang menjanjikan menjadikan gigi putih cemerlang. Tapi ribuan tahun yang lalu, orang mendapatkan gigi putih hanya dengan menyikat gigi dan makan makanan yang tepat. “Tidak ada gel atau pemutih gigi saat masa kuno Mesir. Tapi itu tidak menghentikan mereka dikenal atas giginya yang putih. Para firaun pada 4.000 tahun lalu dikenal mengombinasikan batu apung dengan cuka untuk membuat pasta gigi sebagai usaha mengembalikan warna alami gigi,” papar Zybutz, yang dilansir The Daily Mail.

Di masa sekarang, orang tak perlu lagi menggunakan cara tersebut untuk memutihkan gigi. Cara pertama dan terbaik adalah dengan pemilihan makanan atau diet. Diet di sini bukanlah menghindari anggur merah atau kopi, tapi memilih makanan yang aktif membersihkan dan melindungi warna gigi.

Yang kedua adalah mengunyah. Buah-buahan dan sayuran yang harus dikunyah bertindak seperti sikat gigi saat makan. Mereka membersihkan permukaan gigi saat dikunyah.

Apel, wortel, kembang kol, buncis dan seledri adalah pilihan yang tepat. Selain itu, keju keras (hard cheese) juga efektif karena mengunyah menghilangkah partikel makanan lain dan bahkan mencegah perkembangan plak. Tipe-tipe makanan ini juga memijat gusi yang menstimulasi aliran darah yang menjaga mereka tetap sehat.

Yang ketiga adalah meningkatkan aliran ludah. Cara ini efektif untuk membantu menjaga gigi tetap putih. Sehingga buah-buahan dari keluarga jeruk, seperti jeruk bali, jeruk nipis, lemon dan jeruk membantu membilas gigi secara alamiah ketika sedang makan. Strawberry juga bagus untuk langkah ini karena mereka mengandung asam malic, enzim yang mendorong produksi ludah.

Sayuran lain seperti brokoli baik untuk mencegah peradangan gusi. Sedangkan nanas adalah satu-satunya makanan yang mengandung bromelain, senyawa yang secara alamiah mengandung zat yang membersihkan dan antiperadangan.

Kalsium juga baik untuk menjaga gigi tetap putih, sehingga produk ternak, seperti susu dan yogurt juga baik untuk diet gigi putih. Asam laktat mereka juga membantu mencegah pembusukan. Dan, tentu saja ada banyak manfaat dengan minum banyak air.

Untuk menghindari gigi berubah warna, ada baiknya menghindari makanan yang meninggalkan noda di gigi seperti blackberry, delima, blueberry, saus kari, kecap, permen dan makanan yang mengandung pewarna buatan. Untuk mengenali makanan yang meninggalkan noda di gigi itu mudah. Kalau makanan itu meninggalkan noda di baju, maka dia juga akan meninggalkan noda di gigi.

Tapi, yang lebih penting untuk menjaga gigi tetap putih dana kombinasi diet gigi dan menjaga kebersihan mulut secara keseluruhan. Dengan menyikat gigi, berkumur setelah makan dan pemeriksaan regular semuanya meainkan peranan penting dan diet seharusnya tidak dipandang sebagai solusi sendiri.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6013 seconds (0.1#10.140)