Marion Bartoli Nafsu Berbisnis

Sabtu, 01 November 2014 - 06:01 WIB
Marion Bartoli Nafsu Berbisnis
Marion Bartoli Nafsu Berbisnis
A A A
PARIS - Namanya memang tidak lama ada di panggung tenis dunia. Tapi, setidaknya Marion Bartoli tetap tercatat sebagai juara Wimbledon 2013. Dan, kini ternyata berbisnis menjadi dunia baru yang tengah digelutinya.

Hanya sebulan setelah menjadi kampiun di negeri Ratu Elizabeth, wanita Prancis itu memutuskan pensiun. Ia gantung raket pada usia 28 tahun.

Selama berkarir, Bartoli setidaknya sudah mengamankan delapan gelar. Bersama sang ayah, Walter yang juga berprofesi sebagai dokter, Bartoli telah mengumpulkan USD 11 Juta atau setara dengan Rp 133 Milira dari hadiah uang di setiap turnamen yang diikutinya.

Uang hadiah inilah yang dijadikannya modal bisnis. Sebenarnya bisa dikatakan minat berbisnis Bartoli bukan disengaja. Ia sadar jika kemampuannya mengayuh raket mulai tergerus.

Pretasinya naik turun dan akhirnya ia memutuskan untuk pensiun. "Saat saya memulai (pensiun) 2013, tubuh saya sedikit demi sedikit menurun. Saya tahu itu adalah tahun terakhir saya, terlepas apa yang terjadi saya mendapatkan keberuntungan bisa mengakhiri karir dengan meraih gelar juara Wimbledon. Itu adalah akhir yang indah," ucapnya dalam wawancara dengan bloomberg, Jumat (31/10).

Kehidupan baru pun dimulai. Ia mencoba bisnisnya dengan membuka dua perusahaan yang bergerak di bidang perhiasan, asesoris, pakaian dan sepatu. Satu perusahaan lainnya difokuskan memroduksi yogurt beku.

Salah satu produknya adalah sepatu wanita bertumit tinggi yang dihiasi kristal. Ia menjualnya di Musette, Paris. Bartoli pun mendapatkan pesanan dari seorang penggemar NBA dari klub Philadelphia 76ers dimana sepatunya itu harus dihias dengan gambar sayap dan logo tim.

"Saya mengambil risiko dengan bisnis ini. Saya datang dari sebuah desa yang jumlahnya 2 ribu orang di Prancis. Dan, ayah saya bukanlah pelatih tenis jadi untuk menjadi petenis saya harus melalui perjalanan panjang," kisahnya.

Untuk bisa mendapatkan apa yang dirasakan sekarang ini dilalui Bartoli dengan kerja keras. Seperti di bisnis ini misalnya. Ia mengawalinya sangat tidak mudah. Miskin pengalaman menjadi salah satu kendala saat memulai. Beruntung ia mendapatkan masukan dari ayah, pacar dan seorang bankir di NM Rothschild & Sons Ltd.

"Saya bermain aman. Saya tidak mau mencoba meraih keuntungan besar, tapi saya mencoba untuk tidak kehilangan modal dan membuka usaha setiap tahun."
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5130 seconds (0.1#10.140)