Penyebab Kematian Steve Emmanuel Menurut Dinkes Manado

Jum'at, 31 Oktober 2014 - 21:10 WIB
Penyebab Kematian Steve Emmanuel Menurut Dinkes Manado
Penyebab Kematian Steve Emmanuel Menurut Dinkes Manado
A A A
MANADO - Penyebab kematian Steve Emmanuel Warokka (4) hingga kini belum diketahui pasti. Namun, berdasarkan pemeriksaan sementara sampel beberapa makanan siap saji di restoran tempat korban makan, diketahui bahwa es kacang merah (brenebon) teridentifikasi mengandung Escherichia Coli (E. coli).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Manado Robby Mottoh, hal itu terungkap setelah pihaknya memeriksa sampel beberapa bahan makanan siap saji di restoran yang ada di Manado tersebut.

"Tes ini memang sebenarnya nanti dua tiga hari ke depan baru terlihat hasilnya, sebab saat ini masih pengumpulan sampel makanan. Namun sudah beberapa yang diuji. Hasil sementara pun sudah terlihat," ujarnya, Jumat, (31/10/2014).

E. coli, kata dia, merupakan bakteri yang menghasilkan racun. Dampak yang dihasilkan adalah merusak ginjal serta melemahkan dinding usus kecil pada anak-anak.

"Tak hanya itu, bakteri E. coli dapat menyebabkan penyakit sistem pencernaan yang serius yang umum ditandai dengan diare dan kadang disertai mual," jelasnya.

Ketika E. coli memasuki usus, lanjutnya, waktu infeksi dan perkembangan gejala biasanya dapat berlangsung antara 24-72 jam. Diare parah yang tiba-tiba dan sering disertai darah pada tinja adalah gejala yang paling umum.

Dari hasil tes ini, dugaan sementara penyebab kematian bocah empat tahun itu adalah E. coli, sebab dia (almarhum) juga mengonsumsi es brenebon.

"Karena itu, hasil tes ini kuat dugaan, es brenebon tersebutlah sumber racun itu. Sebab Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaan pun kini mendapat perawatan medis seusai memakan menu tersebut di tempat yang sama, tapi waktu yang berbeda," jelasnya.

Diketahui, Steve Emmanuel Warokka, bocah empat tahun ini, memakan es brenebon pada Senin (27/10/2014) dan mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis (30/10/2014) pukul 06.00 WITA di RS Prof Dr Kandou Malalayang, Manado.

Sementara, Humas RS Prof Dr Kandou Meike Dondokambey mengatakan, kematian bocah tersebut diduga akibat adanya infeksi otak.

Diberitakan sebelumnya, akibat mengonsumsi nasi goreng (nasgor) dan es buah kacang tanah di salah satu restoran di Manado Town Square (Mantos), Steve Emmanuel Warokka (4) tewas di Rumah Sakit (RS) Prof Dr Kandou Malalayang.

Menurut ayah almarhum, Deimer Warokka, dirinya yakin anaknya tewas diakibatkan mengonsumsi salah satu menu makanan di restoran itu.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3066 seconds (0.1#10.140)