Harga Beras Beranjak Naik

Jum'at, 31 Oktober 2014 - 18:47 WIB
Harga Beras Beranjak Naik
Harga Beras Beranjak Naik
A A A
MARTAPURA - Sejak tiga hari ini, harga beras di Martapura khususnya di tingkat pengecer mengala mi kenaikan. Kenaikan harga makanan pokok ini, dampak dari se makin tipisnya pasokan dari petani.

Menurut Fatoni, pedagang beras di Martapura, musim kema rau yang cukup panjang pada tahun ini, berpengaruh pada hasil pa nen petani dan stok yang mere kamiliki. Akibatnya, pasokan ke pasar terus menipis dan berdam pak pada harga beras. “Satu kilo beras asalan naik mencapai Rp1.000, dari sebelumnya harga hanya Rp7.500/kg, sekarang Rp8.500/kg. Kalau untuk beras berkualitas, justru naik hingga Rp2.000/kg. Sebelumnya dari Rp8.000/kg, kini menjadi Rp10.000. Tentunya kenaikan harga ini berdampak pada daya beli masyarakat yangsemakinrendah,” terangnya.

Jika kondisi kemaru ini terus berlanjut, sambungnya, bukan tidak mungkin harga beras di tingkat pedagang pengecer terus meng alami naik. Sekarang masyarakat mulai mengeluh pada pedagang, yang tiba-tiba menaik kan harga beras. “Pendapatan kami juga tentu berpengaruh. Dengan kondisi sekarang, kami ha nya mampu menjual 100 kg beras/hari, sedangkan biasanya bisa menjual 150 sampai 200 kg,” katanya.

Sementara, Yesi, warga Tebat Sari, Martapura menuturkan, dengan semakin melambungnya harga beras, membuatnya harus mengeluarkan uang tambahan. Meski demikian, dia tetap harus membeli beras untuk makan sehari-hari. “Harus bagaimana lagi, meski harganya mahal kita tetap beli,” tuturnya.

Dadang dinata
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4533 seconds (0.1#10.140)