Lakukan Tujuh Hal Ini agar Terhindar dari Penyakit

Minggu, 26 Oktober 2014 - 04:52 WIB
Lakukan Tujuh Hal Ini agar Terhindar dari Penyakit
Lakukan Tujuh Hal Ini agar Terhindar dari Penyakit
A A A
JAKARTA - Memasuki musim penghujan, kekebalan tubuh seseorang akan rentan terkena penyakit seperti DBD dan flu. Karena itu, masyarakat diimbau untuk melakukan tujuh hal agar terhindar dari penyakit tersebut.

Dokter Umum RS Siaga Raya, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Joko Santoso mengatakan, pada musim penghujan, penyakit seperti influenza, diare, demam berdarah dengue, dan penyakit kulit akan sering ditemui pada diri seseorang.

"Pada musim hujan, biasanya sesorang mudah terserang penyakit tersebut. Maka itu, seseorang harus biasa menjaga kondisi kesehatannya agar tidak terserang penyakit," ujarnya kepada Sindonews.com, Sabtu (25/10/2014).

Namun, kata Joko, terdapat tujuh hal yang dapat dilakukan agar seseorang terhindar dari potensi terserang penyakit tersebut.

Pertama, beristirahat secukupnya, yakni dengan tidur selama 6-8 jam per harinya.

Kedua
, memakan makanan yang sehat dan bergizi, seperti sayur dan buah. Pilih jajanan yang tertutup dan disajikan dalam keadaan panas agar dapat meminimalisir kuman dan hindari jajan di tempat yang kurang higienis.

Ketiga, minum air putih 2 liter atau 8 gelas per hari. Sebab, air putih dapat mendetoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh.

Keempat, berolahraga secara teratur. Minimal 2-3 seminggu dan dilakukan selama 20-30 menit.

Kelima, biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dan seusai beraktivitas.

Keenam
, meminum vitamin dan suplemen untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Ketujuh, membawa jas hujan ataupun payung untuk menghindari paparan air hujan secara langsung. Jika terkena air hujan, segeralah membilasnya atau mandi menggunakan air hangat agar suhu tubuh selalu terjaga.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4546 seconds (0.1#10.140)