Ini Pentingnya Sepang Bagi Joki Darat

Minggu, 26 Oktober 2014 - 06:27 WIB
Ini Pentingnya Sepang Bagi Joki Darat
Ini Pentingnya Sepang Bagi Joki Darat
A A A
SEPANG - Sirkuit Sepang menjadi bagian penting dalam gelaran balap MotoGP. Keberadaan GP Malaysia diakhir jadwal alias kalender memaksa seluruh pembalap memutar otak bagaimana mengumpulkan poin.

Begitu pula yang dirasakan keempat pembalap ternama, yakni Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, dan Dani Pedrosa. Walau Marquez telah dinobatkan sebagai juara dunia 2014, namun pemilik nomor 93 itu masih penasaran untuk menciptakan sejumlah rekor di ajang balap bergengsi ini.

Di sisi lain, persaingan perburuan tempat runner up semakin panas. Ketiga pembalap (Rossi, Lorenzo, dan Pedrosa) mempunyai peluang besar untuk mengisi tempat di peringkat kedua.

Karenanya Sirkuit Sepang dijadikan sebagai tempat krusial bagi pembalap MotoGP. Bukan hanya itu, trek balap yang memiliki panjang 5.548 km menawarkan 15 tikungan yang harus ditaklukan seluruh pembalap.

Berikut misi keempat pembalap di Sirkuit Sepang

Marc Marquez

Setelah dinobatkan sebagai juara ada sejumlah rekor lain yang ingin dikejar Marquez. Sayang, salah satu tujuannya melampaui raihan poin Jorge Lorenzo pada 383 poin gagal terwujud ketika Baby Alien terjatuh di Sirkuit Phillip Island pekan lalu. Sekarang Marquez tinggal menyisakan dua rekornya lagi, yakni melampaui kemenangan Valentino Rossi dan menyamai rekor kemenangan Mick Doohan.

Ini Pentingnya Sepang Bagi Joki Darat


Valentino Rossi

Berbeda dengan Marquez, peluang Rossi mengamankan tempat kedua di klasemen MotoGP semakin terancam. Itu terlihat ketika pada sesi kualifikasi dimana dia hanya mampu menempati posisi keenam. Sementara dua rivalnya mampu mengunci tempat di barisan kedua (Pedrosa) dan ketiga (Lorenzo). Tidak ada jalan bagi juara dunia sembilan kali selain tampil agresif selama balapan seri ke-17.

Ini Pentingnya Sepang Bagi Joki Darat


Jorge Lorenzo

Seperti yang telah dibahas di atas, Lorenzo mempunyai peluang untuk menggeser posisi Rossi. Terpaut delapan poin nampaknya tidak akan terlalu sulit buat juara dunia dua kali ini. Terlebih dia mempunyai pengalaman yang bagus saat beraksi di Sirkuit Sepang. Selama dua musim terakhir, dia tidak pernah kehilangan podium. Dengan kata lain balapan kali ini akan semakin menarik untuk disaksikan.

Ini Pentingnya Sepang Bagi Joki Darat


Dani Pedrosa

Meski peluang Pedrosa menendang duo Movistar Yamaha dari persaingan perebutan tempat runner up sangat tipis. Namun joki Repsol Honda ini mempunyai rekor bagus kala menjalani balapan di Negeri Jiran. Terbukti dalam dua musim terakhir, pemilik nomor 26 itu tak pernah kehilangan momen untuk mengambil podium pertama.

Ini Pentingnya Sepang Bagi Joki Darat
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5297 seconds (0.1#10.140)