Uji Jalan Lancar, BBN B20 Siap Digunakan

Sabtu, 25 Oktober 2014 - 16:56 WIB
Uji Jalan Lancar, BBN B20 Siap Digunakan
Uji Jalan Lancar, BBN B20 Siap Digunakan
A A A
BANDUNG - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan memastikan kesiapan Bahan Bakar Nabati (BBN) B20 (Biodiesel 20% + solar 80%) untuk dimanfaatkan secara massal pada 2016 Setelah selama setahun terakhir B10 (Biodiesel 10% + solar90%) dicobakan di kendaraan bermotor

Menurut Direktur Bioenergi Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, secara praktik pemanfaatan B20 pada kendaraan bermotor sudah teruji handal di lapangan.

"Jadi ini sebenarnya bukan lagi uji jalan, melainkan pemantapan dari B20 yang sejak 2008 sudah diuji coba. Jadi nanti saat mandatori berjalan di tahun 2016 sudah tidak ada kendala," ujar Dadan saat melakukan kembali uji jalan B20 di Lembang, Bandung, Sabtu (25/10/2014).

Untuk memantapkan penggunaan B20 secara maksimal di kendaraan bermotor, lanjut Dadan, jalur tempuhnya pun dipilih secara matang yakni dengan mengambil rute berangkat Serpong-Jagorawi-Puncak-Cianjur-Padalarang-Cileunyi-Bandung-Lembang dan dilakukan selama 2 hari, sejak hari Sabtu sampai Minggu (25-26 Oktober 2014).

"Selama ini kekhawatiran penggunaan BBN itu akan menggumpal di suhu dingin. Jadi di Lembang sengaja diinapkan untuk menguji apakah mesin jadi susah untuk hidup atau mogok. Tapi ternyata tidak. Uji jalan sebelumnya juga di bulan Juli sampai Lembang," ujarnya lagi.

Dari Lembang, uji pemantapan kembali dilakukan dengan mengendarai kembali mobil B20 melalui rute Subang-Cikampek-Palimanan-Karawang-Cibitung dan Serpong. Sampai saat ini, mobil berisi B20 yang sudah melalui berbagai uji coba itu sudah menempuh total jarak 40.000 km.

Dalam uji jalan ini Kementerian ESDM melalui Ditjen EBTKE menggandeng BPPT, PT Pertamina, Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) dan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Selain uji coba dalam jarak tempuh, berbagai ujian lain juga dijalankan seperti rating komponen, uji emisi, uji pelumas dan uji kinerja kendaraan.

Hasil dari semua uji ini nantinya akan dijadikan sebagai rekomendasi teknis bagi produsen kendaraan bermotor yang diwakili oleh Gaikindo. Gaikindo sendiri masih menyediakan mobil yang sama dengan uji coba Juli lalu yakni 2 unit Mitsubishi Pajero, 2 unit Toyota Innova dan 2 unit Chevrolet Spin.

(Baca: BBN B20 Akan Berkontribusi Penghematan Negara Rp72,4 T)
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7122 seconds (0.1#10.140)