Marka Jalan Bercahaya Pertama di Belanda

Jum'at, 24 Oktober 2014 - 15:01 WIB
Marka Jalan Bercahaya Pertama di Belanda
Marka Jalan Bercahaya Pertama di Belanda
A A A
AMSTERDAM - Kini para pengendara di negara Belanda tidak perlu kawatir meskipun tanpa ada lampu penerang jalan karena dipandu dengan glow in the dark marka jalan.

Ini adalah pilot konsep sebuah proyek pintar jalan raya dikembangkan pemerintah dengan perusahaan konstruksi Heijmans dan perusahaan desain Studio Roosegaarde. Tujuannya untuk meningkatkan visibilitas dan keamanan.

Seperti dilansir dari Gizmag, Jumat (24/10/2014), garis yang bercahaya ini menggunakan cat luminescent yang dibebankan oleh energi matahari di siang hari dan kemudian bersinar hingga 10 jam saat hari gelap.

glowglow

Ini berarti bahwa marka jalan memiliki visibilitas yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang menggunakan cat standar, sementara masih tidak memerlukan listrik.

Pemerintah Belanda membuka jalan berpelengkap marka jalan warna-warni di Oss provinsi Noord Brabant. Proyek tersebut sebenarnya mulai dikembangkan sejak tahun 2012.

Marka jalan bercahaya ini telah dikembangkan dalam serangkaian tahap uji coba untuk mengetahui daya tahan dan pengalaman pengguna. Uji coba bertahun-tahun itu dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif cat pada saat udara panas dan dingin atau sangat dingin.

Tidak kalah menarik proyek tersebut bisa mengisi baterai mobil listrik. Tapi tetap yang menjadi prioritas adalah marka jalan yang mampu mengeluarkan cahaya demi keselamatan pengguna jalan. Proyek ini sangat cocok bila diterapkan di Indonesia karena penerangan jalan sangat minim.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1651 seconds (0.1#10.140)