Jangan Sudutkan Lee Chong Wei

Kamis, 23 Oktober 2014 - 20:21 WIB
Jangan Sudutkan Lee Chong Wei
Jangan Sudutkan Lee Chong Wei
A A A
KUALA LUMPUR - Mantan pebulu tangkis Malaysia, Roslin Hashim meminta kasus doping yang tengah menggemparkan dunia olahraga di negerinya segera diungkap secara tuntas. Ia meminta semua pihak yang terkait dengan persoalan tersebut harus menjelaskan ke publik.

Permintaan ini disampaikan mengingat saat ini ada atlet yang merasa tersudutkan. Walau sampai saat ini Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin dan Asosiasi Bulu tangkis Malaysia (BAM) belum membeberkan identitas si atlet, publik sudah kadung mengarahkan pandangannya ke Lee Chong Wei.

Bisa dimaklumi jika kalangan di Negeri Jiran menunjuk Chong Wei sebagai atlet yang dimaksud. Pasalnya, dari informasi yang beredar jika atlet yang gagal dalam tes doping adalah seorang pria dan tampil di Kejuaraan Dunia di Denmark, Agustus lalu.

Roslin mendesak agar pihak yang terkait menjelaskan obat-obatan apa yang diberikan pada Chong Wei sebelum gelaran akbar bulu tangkis di Copenhagen itu dimulai. Sebagai mantan pemain, Roslin mengungkapkan dalam menjalani tes doping sebelumnya si atlet harus menjelaskan secara rinci obat apa yang dikonsumsi tujuh hari sebelum turnamen dilakukan.

“Saya sudah sering melakukan tes doping seperti ini. Jika sampel urine positif terdapat zat terlarang dari catatan obat yang sebelumnya diberikan ke tim doping, maka tidak akan timbul masalah. Jika pemain mengonsumsi obat penahan rasa sakit sudah pasti mereka tahu zat yang terkandung pasti zat dari obat penahan rasa sakit," ungkap Roslin di utusan, Kamis (23/10).

Roslin berpendapat, zat yang ditemukan dalam tubuh si atlet kemungkinan tidak masuk dalam catatan obat yang dikonsumsi sebelum turnamen itu digelar. "Bisa jadi si atlet tidak melaporkan apa yang dikonsumsi. Perkara ini sebenarnya masalah kecil, tapi kesannya sangat besar," tambah Roslin.

"Bagi saya, masalah ini sebaiknya atlet yang bersangkutan memberikan penjelasan sendiri. Sebab, dalam kondisi seperti ini asosiasi dan pemerintah tidak berani mengeluarkan pernyataan sembarangan," imbuhnya.

Dilaporkan Menteri Khairy telah bertemu dengan atlet bersangkutan. Tapi kembali ia tidak mau memberikan identitas atlet yang dimaksud.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5275 seconds (0.1#10.140)