Ini Sosok Zehaf-Bibeau, Penebar Teror di Parlemen Kanada

Kamis, 23 Oktober 2014 - 19:38 WIB
Ini Sosok Zehaf-Bibeau, Penebar Teror di Parlemen Kanada
Ini Sosok Zehaf-Bibeau, Penebar Teror di Parlemen Kanada
A A A
OTTAWA - Nama Michael Zehaf-Bibeau mendadak mencuat setelah tragedi penembakan di dalam gedung Parlemen Kanada, semalam. Zehaf-Bibeau adalah orang yang melakukan aksi nekat, yang disebut oleh Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama sebagai orang gila.

Siapakah sebenarnya Zehaf-Bibeau, sehingga dia bisa melakukan aksi nekat yang menewaskan seorang anggota kemanan Kanada tersebut ? Melansir Russia Today, Kamis (23/10/2014), Zehaf-Bibeau memiliki nama asli Michael Joseph, dan lahir di Quebec, Kanada pada tahun 1982.

Zehaf-Bibeau diketahui sebagai seorang mualaf, atau orang yang baru saja memeluk agama Islam. Dirinya diduga telah bergabung dengan sebuah kelompok teror, yang merupakan jaringan teror kelompok militan di Suriah.

Dalam sebuah akun Twitter yang diduga milik ISIS, nampak fotoZehaf-Bibeau terpampang dengan tulisan "ini adalah foto pria bersenjata Ottawa."Dalam laporan seorang wartawan lokal, disebutkan juga Zehaf-Bibeau bukanlah orang asing dalam dunia kriminal di Kanada.

“Nama Zehaf-Bibeau muncul tiga kali dalam daftar di Pengadilan Tinggi Kanada,” ucap wartawan setempat, Domenic Fazioli. “Dia sudah lima kali ditangkap oleh polisi, tiga kali karena kepemilikan obat terlarang, dan dua kali karena melanggar syarat bebasnya,” Fazioli menambahkan.

Dirinya diduga sebagai pihak yang melakukan penembakan terhadap seorang tentara Kanada dua hari yang lalu di wilayah Ottawa. Namun, pihak kepolisian setempat enggan berkomentar mengenai hal tersebut, karena masih dalam penyelidikan.

Zehaf-Bibeau sendiri tewas ditembak mati oleh seorang perwira polisi bernama, Sersan Kevin Vickers sesaat setelah dia melakukan aksinya di gedung parlemen. Kanada masih melakukan penyelidikan, apakah aksi Zehaf-Bibeau adalah aksi tunggal, atau ada rencana besar di baliknya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4672 seconds (0.1#10.140)