Kepala BKD Enggan Tanggapi Nilai Tes Putri Jokowi

Kamis, 23 Oktober 2014 - 19:02 WIB
Kepala BKD Enggan Tanggapi Nilai Tes Putri Jokowi
Kepala BKD Enggan Tanggapi Nilai Tes Putri Jokowi
A A A
SOLO - Dalam tes Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota Solo, Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), mendapatkan nilai total 300 dari total 100 soal yang disediakan.

Menurut Kepala BKD Solo Hari Prihatno, pihaknya tidak memiliki kewenangan dalam masalah tersebut. Menurutnya, standar penilaian dan juga standar nilai adalah kewenangan dari Panselnas CPNS. Dengan kata lain pihaknya tidak bisa memberikan tanggapan apakah putri Jokowi itu lolos seleksi atau tidak.

"Itu semua yang menilai Panselnas, yang jelas kita hanya penyelenggara di tingkat lokal saja," ucap Hari kepada KORAN SINDO, Kamis (23/10/2014).

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Pegawai BKD Solo Lancer S Naibaho mengatakan, Kahiyang melamar CPNS pada formasi Pemeriksa Pertama. Menurutnya, Kahiyang akan memperebutkan formasi itu bersama sekitar 2.500 peserta yang lain yang mendaftar posisi yang sama. Posisi yang dilamar putri Jokowi itu adalah yang paling diminati dibanding formasi lain.

Diberitakan sebelumnya, Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengikuti tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota Solo, Kamis (23/10/2014) siang. Dalam tes dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) tersebut, putri Jokowi mendapatkan nilai total 300 dari skala 500.

Nilai total itu terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan dengan nilai 50, Tes Intelegensi Umum dengan nilai 95, dan Tes Karakteristik Pribadi dengan nilai 155. Nilai tersebut secara total mampu memenuhi standar yang diterapkan oleh Panselnas CPNS yakni 271. Namun, jika dihitung setiap kategori tes, nilai Tes Wawasan Kebangsaan tidak memenuhi standar yang ditetapkan yakni 75.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4333 seconds (0.1#10.140)