Peluang Chong Wei Cuma 0,1%

Kamis, 23 Oktober 2014 - 12:46 WIB
Peluang Chong Wei Cuma 0,1%
Peluang Chong Wei Cuma 0,1%
A A A
KUALA LUMPUR - Pebulu tangkis nomor satu dunia, Lee Chong Wei sepertinya sulit mengelak lagi dari tuduhan menggunakan doping. Jika sampel A sudah 99,9% positif mustahil di sampel B akan menunjukkan negatif. Peluangnya hanya 0,1% untuk terbebas dari tuduhan menggunakan doping.

Atlet tepok bulu Malaysia itu sekarang menghadapi tuduhan serius. Ia dituding menggunakan zat haram saat tampil di Kejuaraan Dunia di Denmark, Agustus lalu.

Kabar ini sangat menyentak dunia olahraga Negeri Jiran. Hal terus menggerus mereka setelah kasus dicopotnya medali emas yang sudah direbut Tai Cheau Xuen di ajang Asian Games 2014 lalu dengan kasus yang sama.

Banyak yang mengharap jika berita tersebut tidak benar, walaupun sekarang pandangan mata diarahkan ke Chong Wei. Menteri Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin sempat tidak percaya dengan berita ini.

Soal beratnya peluangnya Chong Wei terbebas menggunakan doping ini disampaikan mantan pebulu tangkis Malaysia, Sairul Amar Ayob. Ia sendiri pernah melakukan tindakan tidak terpuji dan sempat mendapatkan hukuman selama dua bulan.

Dalam tes doping diketahui jika Sairul saat itu mengonsumsi Dexamethasone. Zat ini pula kabarnya yang terkandung dalam tubuh Chong Wei. Sairul positif menggunakan doping saat berlaga di Belanda Terbuka 2006 silam.

"Saya bisa mengerti bagaimana perasaan atlet yang kedapatan menggunakan doping. Saya hanya bisa katakan, semuanya harus tenang, menunggu dan menjaga harapan. Tidak banyak yang bisa dilakukan selain menunggu dan berharap. Ini memang tidak mudah namun itulah yang bisa dilakukan," terang Sairul di thestar, Kamis (23/10).

Sairul menceritakan bagaimana perasaan hatinya saat menunggu hasil tes sampel B. Saat itu, cerita Sairul, ia gelisah menunggu hasil sampel B yang diuji di sebuah labarotorium, di Belgia.

"Laboratorium itu di sebuah universitas di Belgia. Saya gugup sekali. Dokter mengatakan pada saya jika hasil sampel A sudah menunjukkan 99,9% hasilnya positif, tidak mungkin sampel B akan negatif. Mereka akhirnya terkejut saat tahu hasil sampel B saya itu ternyata negatif."

Sairul menyarankan agar Chong Wei tetap berpikir positif. "Peluangnya memang hanya 0,1%, tapi tetap masih ada peluang. Saya berharap atlet bersangkutan tetap positif."

Setelah kejadian itu, Sairul pun sempat meneruskan karirnya sebagai pemain selama tiga tahun. Pada 2009, Sairul baru memutuskan pensiun.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8517 seconds (0.1#10.140)