Penundaan Pengumuman Menteri Bikin Ragu Investor Saham

Kamis, 23 Oktober 2014 - 12:13 WIB
Penundaan Pengumuman Menteri Bikin Ragu Investor Saham
Penundaan Pengumuman Menteri Bikin Ragu Investor Saham
A A A
JAKARTA - Ekonom Bank Mandiri Destry Damayanti menilai, penundaan pengumuman nama-nama menteri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menimbulkan keraguan ‎para investor di bursa saham terkait kesepakatan politik yang sudah dilakukan sebelumnya.

"Dengan adanya delay seperti ini, akhirnya menimbulkan tanda tanya besar di pasar, apa benar yang kemarin hasil kesepakatan politik itu bagus? Kalau bagus, kenapa harus ditunda?" katanya di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (23/10/2014).

Hal tersebut juga akan berpengaruh pada pergerakan rupiah. Meski pergerakan rupiah dan bursa saham tidak seutuhnya tergantung dari kondisi politik di dalam negeri, namun masih tergantung dari situasi ekonomi global.

Destry mengatakan, kondisi dalam negeri terutama terkait pengumuman nama jajaran menteri kabinet Jokowi‎ hanya sebagai sentimen pendukung melemahnya pergerakan pasar keuangan di Indonesia.

‎"Kalau saya lihat dengan kondsi seperti ini masih sulit menentukan rupiah akan berapa, kalau seperti ini rupiah sulit kembali ke level fundamental yang ada di Rp11.500-an per USD," tegasnya.

Untuk itu, dia berharap agar Jokowi segera mengumumkan jajaran nama-nama yang akan membantu dirinya dalam kabinet pemerintahan agar tidak terjadi keraguan yang terjadi di pasar.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6626 seconds (0.1#10.140)