Tokopedia Raih Investasi Rp1,2 Triliun

Rabu, 22 Oktober 2014 - 16:17 WIB
Tokopedia Raih Investasi Rp1,2 Triliun
Tokopedia Raih Investasi Rp1,2 Triliun
A A A
JAKARTA - PT Tokopedia (Tokopedia), SoftBank Internet and Media Inc (SIMI) dan Sequoia Capital hari ini mengumumkan perjanjian kerja sama dengan nilai investasi sebesar USD100 juta atau sekitar Rp1,2 triliun

SIMI akan memimpin babak investasi baru dengan partisipasi dari Sequoia Capital dan pemegang saham sebelumnya SB Pan Asia Fund untuk menanamkan investasi ke Tokopedia.

Melalui investasi ini, perwakilan SIMI dan Sequoia Capital akan bergabung dalam jajaran Board of Director di Tokopedia.

Melalui pendanaan baru tersebut, Tokopedia akan semakin fokus dalam visinya membangun Indonesia lebih baik lewat internet, melakukan akuisisi pelanggan, mengembangkan team, dan inisiatif lainnya, dalam mengukuhkan posisi perusahaan internet Indonesia, yang mampu bersaing secara global.

CEO Tokopedia William Tanuwijaya menyatakan, pihaknya menyambut baik kehadiran SIMI dan Sequoia Capital sebagai partner baru Tokopedia.

Melalui investasi ini, Tokopedia akan memiliki sumber daya yang cukup untuk membangun tim yang semakin baik, mengembangkan teknologi kelas dunia untuk membantu para merchants Tokopedia serta memberikan pengalaman terbaik untuk pengguna setia.

"Pengguna kami adalah prioritas utama kami. Kami akan fokus agar merchants kami semakin sukses. Ini adalah prinsip terpenting dari bisnis model kami,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Vice Chairman dari SoftBank dan CEO dari SIMI, Nikesh Arora. Dia mengatakan pihaknya sangat senang dapat bekerja lebih dekat dengan Tokopedia.

"Di Asia, khususnya Indonesia potensi pertumbuhan untuk online marketplace sangat luar biasa, dan sejak Tokopedia berdiri, mereka telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dengan bisnis model mereka yang inovatif," ujarnya.

"Mengandalkan sinergi dengan jaringan bisnis internet kami, kami percaya dapat membantu kemajuan Tokopedia di pasar Indonesia,” tambahnya.

Managing Director, Sequoia Capital India Advisors, Shailendra Singh menambahkan, dirinya sangat terkesan dengan visi William untuk Tokopedia. Perusahaan ini menghubungkan penjual dan pembeli di dalam sebuah marketplace, dengan proses transaksi yang terpercaya.

"Kami senang menjadi bagian dari tim Tokopedia dan juga investor, dan tidak sabar untuk bekerja sama dengan Tokopedia membangun perusahaan internet ternama di masa yang akan datang,” terangnya.

Tokopedia merupakan online marketplace yang memungkinan setiap individu dan pemilik bisnis di Indonesia membuka dan mengurus toko online secara mudah dan bebas biaya, sekaligus memberikan pengalaman jual beli online aman dan nyaman.

Tokopedia berdiri pada 17 Agustus 2009, dengan visi membangun Indonesia yang lebih baik melalui Internet. Sejak berdiri, Tokopedia telah mendapatkan investasi dari PT Indonusa Dwitama (2009), East Ventures (2010), CyberAgent Ventures (2011), BEENOS (2012), and SB Pan Asia Fund (2013).
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2341 seconds (0.1#10.140)