LG Rilis Ponsel dengan AP Pertama

Rabu, 22 Oktober 2014 - 08:19 WIB
LG Rilis Ponsel dengan AP Pertama
LG Rilis Ponsel dengan AP Pertama
A A A
SEOUL - Pertama kalinya LG merilis, ponsel dengan aplikasi prosesor milik sendiri, yakni Odin AP (approved products).

Dikutip dari Cnet, Selasa (21/10/2014), prosesor ini merupakan prosesor mobile dengan sistem chip, seperti Qualcomm Snapdragon atau Samsung Exynos.

Menurut sebuah sumber, LG berenca merilis produk baru bertenaga Odin menjelang akhir Oktober ini.

"Peluncuran model baru (handset) yang didukung oleh AP dikembangkan LG sendiri, dan sudah dekat," ucap salah satu seorang sumber kepada ZDNet Korea.

Sumber tersebut mengatakan, ponsel ini akan menjadi turunan versi G3, dan akan diberi nama seputar itu. Namun, belum diketahui apakah smartphone tersebut akan diluncurkan secara global, atau hanya di Korea.

Jauh sebelum ini, AP buatan LG yang digadang bernama "Odin" telah ramai menjadi bahasan di media. Tapi peluncuran komersialnya tidak kunjung berlangsung.

Spekulasi awal, adalah AP mungkin akan masuk ke ponsel andalan, tetapi justru datang hanya ke model derivatif sebagai "test-run".

AP baru akan didasarkan pada arsitektur ARM Coretex-A15 (sudah terlihat pada Tegra dan Exynos AP), dan mendukung resolusi Full-HD dengan prosesor ARM big.LITTLE konfigurasi multi-core.

Sumber tersebut mengatakan, LG telah mempersiapkan AP sejak 2012, tapi terkendala dengan konsumsi listrik yang cepat memanas. Hal ini mendorong perusahaan menunda peluncuran berulang kali.

Pasar AP ponsel berbasis Android saat ini, didominasi oleh Qualcomm Snapdragon, Intel, Samsung dan MediaTek. Apple menggunakan prosesor A-series sendiri untuk gadget terbaru A8 dan A8X. Samsung tercatat juga mengembangkan AP sendiri, Exynos.

Sayang, juru bicara LG menolak mengomentari masalah ini.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5617 seconds (0.1#10.140)