Warga Temukan Ribuan Keping Koin China Kuno

Rabu, 22 Oktober 2014 - 08:01 WIB
Warga Temukan Ribuan Keping Koin China Kuno
Warga Temukan Ribuan Keping Koin China Kuno
A A A
MARTAPURA - Ribuan keping koin yang diduga merupakan mata uang China kuno ditemukan warga yang menambang pasir di Desa Negeri Agung, Kecamatan Buay Pemuka Peliung, OKU Timur.

Ribuan keping koin yang beratnya mencapai 25 kilogram ditemukan penambang pasir di Sungai Komering pada Sabtu 18 Oktober lalu sekitar pukul 12.00 WIB.

Penemuan ribuan koin yang berbaha tembaga ini bermula Eddy (36) pemilik usaha sedot maupun tambang koral bersama dua pegawainya melakukan kegiatan menyedot koral menggunakan mesin dompeng berkekuatan 24 PK di Sungai Komering dengan kedalaman sekitar 5 meter.

Mereka lalu terkejut ketika melihat yang mereka sedot bukannya koral melainkan ribuan koin yang kondisinya sudah hitam.

Melihat kejadian aneh itu mereka lalu menghentikan kegiatan menyedot koral, mereka langsung berbagi membawa pulang koin itu ke rumah masing-masing.

Sudah sekitar tiga bulan melakukan sedot koral di lokasi yang berdampingan dengan kebun duku miliknya.

"Lokasi sedot koral milik saya itu sekitar 15 menit dari rumah. Saya menduga di bawah sungai itu ada barang jenis kendi maupun peti tempat menyimpan koin ini," katanya, Selasa (21/10/2014).

Dugaan di dasar Sungai Komering ada kendi maupun peti tempat menyimpan koin diperkuat setelah sebelumnya dirinya juga mendapati pecahan kendi yang tersedot yang memiliki motif seperti kepala Leaks maupun patung Bali.

"Sekitar tiga bulan silam saya juga mendapatkan satu koin mata uang Nederland buatan tahun 1858 dan satu batu giok,” jelasnya.

Ketua Jaringan Masyarakat Adat Komering (Jamak) OKU Timur, Leo Budi Rachmadi menjelaskan, sekarang sedang menginventarisir koin China kuno itu. Jamak akan membawa contoh koin China tersebut ke Balai Arkeologi di Palembang.

"Kita sore ini ke Palembang untuk meneliti koin China yang ditemukan ini ke Balai Arkeologi, dari ribuan koin China ini, dipastikan terdapat dalam beberapa jenis dilihat dari ukuran dan tulisan China yang tertera di koin, dimana sedikitnya 11 sample koin yang berbeda kita bawa," timpalnya.

Dengan ditemukanya koin China itu diduga Sungai Komering pernah dilintasi kapal saat zaman kerajaan Sriwijaya.

"Karena itu kita langsung membawa koin ini ke Palembang untuk memastikannya apakah koin ini merupakan koin China kuno apa bukan,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3415 seconds (0.1#10.140)