Janji Setia dengan ISIS, Juru Bicara Taliban Dipecat

Selasa, 21 Oktober 2014 - 17:13 WIB
Janji Setia dengan ISIS, Juru Bicara Taliban Dipecat
Janji Setia dengan ISIS, Juru Bicara Taliban Dipecat
A A A
KARACHI - Taliban Pakistan dikabarkan mendepak seorang juru bicaranya, Shahidullah Shahid. Aksi pemecatan Shahid ini karena dirinya sudah mengutarakan janji setia terhadap kelompok saingan Taliban di Timur Tengah, ISIS.

Melansir BBC, Selasa (21/10/2014), Taliban menyatakan mereka telah mendapatkan pengganti Shahid sebagai juru bicara. Namun, kelompok yang beroperasi bukan hanya di Pakistan, melainkan di Afghanistan itu enggan memberikan nama dari juru bicara baru mereka.

Kabar pengucapan janji setia Shahid terhadap ISIS muncul pekan lalu. Bukan hanya sendiri, pengucapan janji setia itu juga diikuti oleh lima anggota Taliban lainnya. Tetapi, nasib lima orang anggota Taliban yang turut mengutakan janji setia tersebut belum diketahui.

“ISIS dianggap sebagai salah satu batu sandungan bagi beberapa kelompok militan di Timur Tengah, seperti Taliban atau bahkan al-Qaeda,” ungkap seorang analis dalam kondisi anonim.

Akibat aksi Shahid tersebut, Taliban Pakistan segera mengungkapkan identitas asli dari Shadid. “Shahidullah Shahid adalah nama samarannya, nama aslinya adalah Sheikh Maqbool,” jelas Taliban dalam sebuah pernyataan.

Seorang pemimpin senior Taliban Pakistan mengemukakan alasan Shahid dan lima orang lainnya mengucap janji setiap pada ISIS, yakni karena mereka sudah mulai meragukan eksistensi Taliban di bawah kepemimpinan Mullah Mohammad Omar.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3905 seconds (0.1#10.140)