KPK Pastikan Abraham Samad Tak Masuk Jajaran Kabinet

Selasa, 21 Oktober 2014 - 13:47 WIB
KPK Pastikan Abraham Samad Tak Masuk Jajaran Kabinet
KPK Pastikan Abraham Samad Tak Masuk Jajaran Kabinet
A A A
JAKARTA - Meski sempat beredar nama Abraham Samad bakal masuk Kabinet Jokowi-JK, KPK memastikan hal itu tidak akan terjadi. Abraham sempat digadang-gadang akan menduduki jabatan Jaksa Agung RI.

Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi SP memastikan, tak ada satupun jajaran pimpinan KPK yang masuk dalam jajaran kabinet Presiden Joko Widodo.

"Kemarin pimpinan sebut, alhamdullilah tidak ada satupun nama pimpinan yang masuk ke situ (kabinet). Sehingga kami lebih leluasa," kata Johan di kantor KPK, Jakarta, Senin (21/10/2014).

Pria yang naik jabatannya sebagai Deputi Pencegahan KPK ini menyatakan, dari 43 nama calon menteri kabinet Jokowi yang diserahkan tim transisi itu hanya diketahui oleh pimpinan KPK.

Namun, informasi yang didapat Johan Budi dari jajaran pemimpin KPK tersebut, Jokowi tak mencantumkan satu pun nama pemimpin KPK.

Menurut dia, dokumen dan surat bersegel yang diserahkan tim transisi Rini Sumarno dan Hasto Kristiyanto dan berisi nama-nama calon menteri itu hanya diketahui Abraham Samad dan tiga wakil ketua KPK lainnya.

Meski begitu, pihaknya juga mengaku tidak tahu jika Presiden Jokowi mempunyai pandangan lain dan tetap memasukkan nama sejumlah pimpinan KPK, di luar nama-nama yang sudah diserahkan ke KPK.

"Saya tidak bisa simpulkan itu. Yang pasti nama-nama itu sekitar 43 dari kalangan swasta," tambahnya.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3637 seconds (0.1#10.140)