Mesir Desak Israel dan Palestina Lanjutkan Pembicaraan Damai

Senin, 20 Oktober 2014 - 23:32 WIB
Mesir Desak Israel dan Palestina Lanjutkan Pembicaraan Damai
Mesir Desak Israel dan Palestina Lanjutkan Pembicaraan Damai
A A A
KAIRO - Pemerintah Mesir, sebagai negoisator dalam pembicaraan damai Israel dan Palestina, mendesak kedua pihak untuk kembali duduk dalam satu meja dan melanjutkan pembicaraan yang kembali tertunda.

“Mesir telah menyerukan baik kepada Israel ataupun Palestina untuk kembali melanjutkan pembicaran damai di Kairo untuk memperkuat gencatan senjata dan memulihkan ketenangan di Jalur Gaza, pekan depan,” ungkap seorang pejabat Mesir.

Melansir Xinhua, Senin (20/10/2014), salah seorang anggota delegasi Palestina dalam pembicaran damai dengan Israel, Qais Adbulkareem menyatakan pihak Mesir sudah mengirimkan undangan resmi kepada pihak Palestina untuk kembali melanjutkan pembicaraan damai.

Adbulkareem menyatakan pihaknya akan kembali mengangkat isu-isu utama yang selama ini selalu mendapat penolakan dari Israel dalam pembicaraan tidak langsung kelak.

“Isu-isu utama termasuk membangun sebuah pelabuhan dan bandara di Gaza dan pertukaran tahanan antara Hamas dan Israel yang sudah lama tidak terselesaikan akan menjadi agenda dari dialog tidak langsung tersebut,” ucap Adbulkareem.

Namun, Adbulkareem menyatakan datang tidaknya pihak Palestina dalam pembicaraan tersebut tergantung pada sikap Israel sendiri. Jika masih banyak tindakan ofensif terhadap warga Palestina, khusunya Gaza, mungkin delegasi Palestina tidak akan bertolak ke Kairo.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2894 seconds (0.1#10.140)