Irman Gusman Terpilih Menjadi Ketua DPD

Kamis, 02 Oktober 2014 - 23:05 WIB
Irman Gusman Terpilih Menjadi Ketua DPD
Irman Gusman Terpilih Menjadi Ketua DPD
A A A
JAKARTA - Setelah melalui mekanisme voting tiga kali putaran, incumbent Irman Gusman kembali terpilih menjadi Ketua DPD periode 2014-2019.

Pada voting putaran pertama, Irman Gusman yang mewakili Indonesia bagian barat berhasil memeroleh 54 suara. Menyusul berikutnya, wakil dari wilayah timur Farouk Muhammad 36 suara. Sementara wakil dari wilayah tengah GKR Hemas memeroleh 32 suara dan abstain sebanyak 2 suara.

Namun, karena perolehan suara terbanyak pertama tidak melebihi 50%+1, maka pimpinan sidang memutuskan untuk melakukan pemilihan putaran kedua.

"Sesuai dengan tata tertib sidang yang berlaku, maka kita lanjutkan voting putaran kedua yang akan diikuti suara dua terbanyak," kata Pimpinan Sidang Aidil Fitrisyah di Gedung Nusantara V, DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (2/10/2014) malam.

Setelah melawati babak ketiga pemilihan, akhirnya Irman Gusman berhasil memeroleh 66 suara. Sementara Farouk Muhammad 53 suara. Dalam voting ketiga ini tiga suara abstain.

"Maka terpilih ketua DPD Bapak Irman Gusman dan Wakil Ketua GKR Hemas dan Farouk Muhammad," kata Aidil.

Dengan terpilihnya ketua dan wakil ketua DPD RI periode 2014-2019, pimpinan menutup sidang paripurna. Ketua beserta wakil ketua DPD selanjutnya akan segera dilakukan pengambilan sumpah oleh Ketua Mahkamah Agung.

"Ketua Mahkamah Agung sedang dalam perjalanan ke sini. Jadi mohon bersabar sebentar," kata Aidil.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5758 seconds (0.1#10.140)