Kesiapan Masyarakat Hadapi AEC 2015 Sangat Penting

Rabu, 24 September 2014 - 05:06 WIB
Kesiapan Masyarakat Hadapi AEC 2015 Sangat Penting
Kesiapan Masyarakat Hadapi AEC 2015 Sangat Penting
A A A
YOGYAKARTA - Dosen Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Nur Azizah mengungkapkan, pentingnya kesiapan masyarakat menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

"Upaya bersama meningkatkan kesiapan Indonesia dalam menghadapi MEA 2015 harus dilakukan dengan serius. Karena MEA pada dasarnya bukanlah pilihan, melainkan sebuah keharusan," ujar Nur, Senin (22/9/2014).

"Karena itu, keberhasilan menghadapi AEC nanti tergantung bagaimana kesiapan dari negara dan perusahaan masing-masing," lanjutnya.

Nur memaparkan, kesiapan yang perlu dilakukan negara, antara lain menyiapkan infrastruktur, menyiapkan kebijakan-kebijakan yang memudahkan berinvestasi, memberikan servis yang baik pada investor asing dan mempermudah informasi.

Sementara tugas perusahaan, di antaranya bagaimana dapat meningkatkan kinerja, seperti manajemen yang baik, sehingga mampu bersaing dengan perusahaan dari negara di wilayah ASEAN lain.

Menurut Nur, untuk membawa ASEAN berjaya di tingkat dunia, terdapat tiga pilar utama. Selain ASEAN Economy Community (AEC) atau MEA, juga ASEAN Social Culture Community (ASCC) dan ASEAN Political Security Community (APSC).

"Ketiga pilar ini harus berjalan beriringan. Tidak boleh ada yang lebih unggul atau sebaliknya," tandas Nur.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5050 seconds (0.1#10.140)