Jokowi-JK Akan Andalkan Sumber Energi Batu Bara

Selasa, 23 September 2014 - 17:04 WIB
Jokowi-JK Akan Andalkan Sumber Energi Batu Bara
Jokowi-JK Akan Andalkan Sumber Energi Batu Bara
A A A
JAKARTA - Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) akan menjadikan batu bara sebagai andalan utama yang diolah sebagai salah satu sumber energi primer murah, dalam rangka pemenuhan kebutuhan energi listrik.

"Kita tidak ingin mengulangi kesalahan masa lalu sebagai pengekspor minyak, namun sekarang sebagai net importer. Maka ekspor batu bara akan dikurangi dan domestic market obligation akan diperbesar," kata Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Hasto Kristiyanto, di Jakarta, Selasa (23/9/2014).

"PLTU batu bara dibangun untuk memanfaatkan batu bara kalori rendah sehingga menggerakkan perekonomian daerah dan pemerataan pembangunan," tambah Hasto.

Hasto mengatakan, banyak pakar yang datang dan menyampaikan gagasan-gagasan mereka ke Pokja Energi untuk mendukung program Pemerintahan Jokowi-JK.

"Tim Transisi mengapresiasi berbagai masukan itu dan kita memang memerlukannya. Masukan para pakar itu niat ikut untuk membangun negeri," kata Hasto.

Berdasarkan diskusi dengan pakar dan hasil kajian Pokja Energi, kata Hasto, disadari bahwa ada masalah serius terhadap ancaman krisis listrik dalam lima tahun mendatang, yang diakibatkan cadangan kapasitas kritis yaitu berkisar hanya 14%-26%. Angka itu di bawah dari cadangan aman minimal sebesar 30%.

Sementara di dalam mendukung pertumbuhan ekonomi 7% yang dicanangkan Pemerintahan Jokowi-JK, diperlukan tambahan pasokan listrik 34.000 MW sampai tahun 2019. Diperkirakan kebutuhan investasi untuk itu sekitar USD87 miliar.

Dalam konteks itu, kata Hasto, peran IPP swasta akan dimaksimalkan. Namun tetap dituntut untuk menjamin keandalan pasokan yang sekarang masih rendah yaitu 50%-60%. Penerapan performance base regulatory di sektor kelistrikan menjadi parameter kunci perbaikan.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3511 seconds (0.1#10.140)