Pemerintah Klaim Kinerja Kementerian Lebih Baik

Selasa, 23 September 2014 - 16:57 WIB
Pemerintah Klaim Kinerja Kementerian Lebih Baik
Pemerintah Klaim Kinerja Kementerian Lebih Baik
A A A
JAKARTA - Pemerintah mengklaim adanya peningkatan akuntabilitas kinerja kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

Peningkatan itu diklaim terjadi pada beberapa tahun terakhir. "Hasil berpacu, bagus semua kemajuannya," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Dari hasil evaluasi terhadap 88 kementerian/lembaga dan 33 pemerintah provinsi tahun lalu, enam kementerian/lembaga (7,14%) memperoleh nilai A, dan kementerian/lembaga (39,29%) meraih nilai B.

Sementara hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LHE AKIP) untuk pemerintah provinsi menunjukkan belum ada satupun dari 33 pemerintah provinsi meraih nilai A.

Namun sekarang, ada dua provinsi yang meraih nilai B+, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kalimantan Timur, dan tujuh provinsi yang mendapat nilai B adalah Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Utara.

Deputi reformasi birokrasi, akuntabilitas dan pengawasan Kementerian PAN RB Yusuh Ateh juga mengungkapkan rapor akuntabilitas kinerja kementerian/lembaga dan pemerintah provinsi tahun 2014 semakin baik.

"Selengkapnya kita lihat saat penyerahan penghargaan di Istana Wapres, hari Rabu," ujarnya.

Dia mengatakan, rencananya pemerintah membagikan rapor akuntabilitas kinerja serta memberikan penghargaan kepada kementerian, lembaga dan pemerintah provinsi yang akuntabilitas kinerjanya baik.

Pemberian penghargaan akan dilakukan oleh Wakil Presiden Boediono.

---
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5205 seconds (0.1#10.140)