Pengamat: Enggak Masalah Pakai Rumus Berbeda

Selasa, 23 September 2014 - 15:15 WIB
Pengamat: Enggak Masalah Pakai Rumus Berbeda
Pengamat: Enggak Masalah Pakai Rumus Berbeda
A A A
JAKARTA - Menggunakan metode berbeda dalam polemik PR matematika yang diberi nilai 20 oleh guru di media sosial dinilai hal yang sah. Selama metode itu bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

"Itu kan tergantung yang dipakai si anak mendasarkan pada rumus tertentu kan tidak masalah, asal rumus si anak itu bisa dipertanggungjawabkan, kecuali rumus yang dipakai anak itu tidak bisa dipertanggungjawabkan, itu baru masalah," kata Pengamat Pendidikan Darmaningtyas saat dihubungi Sindonews, Selasa (23/9/2014).

Darmaningtyas mengatakan, jika rumus yang digunakan anak bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah maka gurunya harus bisa menerima sebagai kebenaran. Jika tidak, maka siswa itu yang harus mengakui bahwa rumus yang digunakan tidak benar.

"Kalau saya yang penting itu, apakah hasil kerjaannya itu bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Rumusnya itu bisa dirunut akarnya, kalau bisa bukan masalah. Kalau sekadar ngerjain terus dikira-kira hasilnya itu keliru. Tapi kalau ada perbedaan rumus yang dipakai enggak masalah," tukasnya.

Diketahui, akun media sosial atas nama Muhammad Erfas Maulana menjadi buah bibir dan menghebohkan forum dunia maya. Penyebabnya, dia mengunggah pekerjaan rumah (PR) matematika adiknya yang diberi nilai 20 oleh gurunya meski semua jawabannya benar.

Sang guru menyalahkan hampir semua jawaban PR anak kelas 2 SD itu, karena konsep atau cara pengerjaannya berbeda dengan cara guru tersebut. Para pengguna Facebook pun ramai memperbincangkan masalah itu.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3668 seconds (0.1#10.140)