Australia Tertarik Ikut Asian Games

Selasa, 23 September 2014 - 12:41 WIB
Australia Tertarik Ikut Asian Games
Australia Tertarik Ikut Asian Games
A A A
INCHEON - Australia tertarik untuk ikut di ajang Asian Games. Hal tersebut setelah Dewan Olimpiade Asia (OCA) membuka pintu buat negara di Ocenia tampil di ajang olahraga multievent yang sifatnya lebih kecil.

Sejauh ini memang belum diputusakan di Asian Games yang mana Australia bisa berpartisipasi. Namun, untuk ajang event indoor yang akan digelar 2017 mendatang Negeri Kangguru sudah bisa berlaga setelah diputusakan dalam sidang umum OCA yang digelar bersamaan dengan Asian Games 2014, Incheon, Korsel.

Pihak Australia menyambut positif terbukanya kesempatan mereka bisa tampil di ajang pesta olahraga bangsa Asia itu. Setidaknya mereka melengkapi keikutsertaannya di ajang sepakbola.

Australia sejak 2006 sudah meninggalkan federasi sepakbola Ocenia dan bergabung dengan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Hasilnya untuk kali pertama mereka bisa tampil di piala dunia di Afrika pada 2010 dan di Brazil tahun ini.

Mereka pun terlibat aktiv dalam sepakbola di kawasan Asia. Tak heran jika AFC pun menunjuk mereka menjadi tuan rumah Piala Asia pada 2015 mendatang. Juru bicara Komite Olimpiade Australia (AOC) Mike Tancred mengaku senang dengan kesempatan ini. Bahkan mereka ingin bisa tampil di ajang lainnya. "Kami pastinya tertartik untuk tampil di Asian Games," ucap Tancred di lansir reuters, Selasa (23/9).

"Peluang kami sepertinya ada di ajang Asian Winter Games 2017 di Jepang. Itu salah satu kesempatan buat kami untuk mengembangkan atlet muda. Itu sebagai ajang pemanasan untuk Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang 2018," lanjut Tancred.

Untuk bisa berlaga di Asian Games, OCA tidak akan memberikan kesempatan itu secara langsung. Mereka harus melakukannya secara bertahap.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5584 seconds (0.1#10.140)