Gabung AS, Lima Negara Arab akan Membom Suriah

Selasa, 23 September 2014 - 11:09 WIB
Gabung AS, Lima Negara Arab akan Membom Suriah
Gabung AS, Lima Negara Arab akan Membom Suriah
A A A
WASHINGTON - Serangan Amerika Serikat (AS) di Suriah untuk pertama kali dengan dalih menumpas ISIS juga melibatkan lima negara Arab. Kelima negara Arab ini akan menjatuhkan bom di Suriah.

Menurut Jonathan Karl, kepala koresponden Gedung Putih untuk ABC News, lima negara Arab yang mengambil bagian serangan pertama di Suriah adalah Yordania, Arab Saudi, Bahrain, Qatar, dan Uni Emirat Arab. (Baca: Pertama Kali AS Gempur Suriah Berdalih Tumpas ISIS)

Juru bicara Pentagon, Laksamana John Kirby, menolak menjelaskan sampai kapan misi serangan menumpas kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah berlangsung. Terlebih, serangan militer itu tanpa seizin rezim Damaskus yang dipimpin Presiden Bashar al-Assad.

Serangan militer di Suriah ini atas instruksi Presiden AS, Barack Obama yang dalam pidatonya beberapa hari lalu mengatakan, serangan terhadap ISIS dilakukan di mana pun kelompok itu berada.

”Itu berarti saya tidak akan ragu untuk mengambil tindakan terhadap ISIS di Suriah serta Irak," kata Obama dalam pidatonya 10 September 2014 lalu. (Baca juga: Serang 20 Target di Suriah, AS Gunakan Rudal Tomahawk)

Pemerintah Suriah sebenarnya bersedia untuk bekerja sama dengan AS dalam perang melawan ISIS di Suriah. Namun, para pejabat AS dengan tegas menolak tawaran Suriah dengan alasan, rezim Suriah dianggap bersalah atas perang sipil yang menewaskan ratusan ribu jiwa.

Rezim Assad juga sempat memperingatkan, bahwa serangan di wilayah Suriah tanpa izin dari Damaskus maka dianggap agresi. Rusia yang merupakan sekutu Suriah juga memperingatkan AS untuk menghormati kedaulatan Suriah, meski dengan misi menumpas ISIS.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4298 seconds (0.1#10.140)