Pemerintah Siapkan BLSM Rp5 Triliun jika BBM Naik

Selasa, 23 September 2014 - 11:07 WIB
Pemerintah Siapkan BLSM Rp5 Triliun jika BBM Naik
Pemerintah Siapkan BLSM Rp5 Triliun jika BBM Naik
A A A
JAKARTA - Pemerintah menganggarkan dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dalam RAPBN 2015 sebesar Rp5 triliun jika harga BBM naik.

Menteri Keuangan (Menkeu) M Chatib Basri mengatakan, anggaran tersebut untuk dialokasikan dalam jangka waktu tiga bulan.

"Ada alokasinya. Jadi Rp5 triliun untuk tiga bulan. Sekarang di APBNP juga ada RP5 triliun," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (22/9/2014) semalam.

Dia mengatakan, jika rencana kenaikan harga BBM terjadi pada November, maka pemerintah harus menyiapkan dana kompensasi untuk masayarakat.

"Kalau ada putusan naik BBM di November, berarti ada kompesansinya. Harus ada kompensasi November dan Desember. Kalau kemudian dinaikan tahun depan ada kompensasi sisa, sehingga disiapkan sekarang," terang Chatib.

IHal tersebut dilakukan pemerintah sekarang agar memudahkan pemerintah baru dalam memberikan BLSM, sehingga tidak perlu mengajukan ke DPR lagi.

"Kalau pemerintah baru memutuskan menaikkan November, mereka enggak perlu ke DPR lagi buat ngomongin itu (BLSM). Kan jadi lebih mudah kerja," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7741 seconds (0.1#10.140)