RSUD Depok Gelar Senam Hamil Gratis

Senin, 22 September 2014 - 00:38 WIB
RSUD Depok Gelar Senam Hamil Gratis
RSUD Depok Gelar Senam Hamil Gratis
A A A
DEPOK - Manfaat senam hamil sangat penting demi menunjang kelancaran sang ibu dalam melakukan persalinan. Hal itu untuk menekan angka kematian ibu pada saat melahirkan dan memberikan pelayanan ekstra kepada pengunjung, RSUD Kota Depok memprogramkan senam khusus bagi ibu hamil.

Program tersebut sengaja digulirkan pihak rumah sakit sebagai bentuk pelayanan tambahan kepada masyarakat umum. Baru tiga minggu dibuka, antusias masyarkat cukup tinggi.

"Kegiatan ini sudah jalan tiga minggu, adapun pesertanya para pengunjung rumah sakit, keluarga pasien dan masyarakat terbuka juga untuk masyarakat umum," ujar Kabid Pelayanan Medis RSUD Kota Depok Enny Ekasari di Depok, Minggu 21 September 2014.

Ia menambahkan, instruktur senam berasal dari bidan RSUD yang telah memiliki sertifikat. Seorang instruktur dikatakannya didampingi dua orang asisten setiap melakukan senam.

Senam hamil yang dilakukan setiap Rabu dan Jumat itu diikuti oleh sedikitnya 15 orang. Senam untuk ibu hamil dilakukan kurang lebih 30 menit dalam setiap kali pertemuannya.

"Senamnya ringan kok, dilakukan sambil duduk. Ini merupakan tahap awal, untuk ke depannya senam akan disesuaikan dengan usia kehamilan, sementara saat ini masih menjadi satu," paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, program senam hamil dimaksudkan untuk membantu tingkat pernapasan bagi ibu hamil pada saat melahirkan nanti. Karena, ketika melahirkan nanti dibutuhkan nafas yang panjang.

"Sebelum senam tentunya kami periksa terlebih dahulu kesehatan ibu dan bayinya, seperti tensi dan denyut jantung bayi. Kalau memang dimungkinkan mereka bisa langsung ikut senam," ungkapnya.

Selain menjalankan program senam ibu hamil secara gratis, pihak RSUD juga rutin menggelar penyuluhan kesehatan mengenai penyakit umum kepada masyarakat. Kegiatan itu dilakukan satu minggu dua kali.

"Dua program yang dijalankan RSUD tak lain sebagai bentuk kepedulian RSUD akan kesehatan masyarakat. Dengan begitu, tingkat kesehatan masyarakat pun akan lebih baik," jelasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5986 seconds (0.1#10.140)