Sipir Lalai, Napi Lapas Salambue Kabur

Minggu, 21 September 2014 - 21:00 WIB
Sipir Lalai, Napi Lapas Salambue Kabur
Sipir Lalai, Napi Lapas Salambue Kabur
A A A
PADANGSIDIMPUAN - Akibat kelalaian petugas sipir di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salambue, Kota Padangsidimpuan, seorang napi bernama Gunawan Rasyid Harahap kabur, Sabtu 20 September 2014.

Napi kasus pencurian tersebut kabur dari Lapas Salambue ketika membersihkan halaman depan lembaga itu. Diduga, saat kabur para sipir lalai karena tidak ada satu orangpun yang mengawasinya sehingga dia leluasa kabur.

Informasi yang diperoleh dari Lapas Klas II Salambue tersebut, para sipir sudah terbiasa membiarkan para napi membersihkan halaman luar tanpa ada pengawalan.

Bahkan, sejumlah napi dipekerjakan sebagai keamanan di bagian depan lapas itu. Tidak jarang, para napi tersebut diduga menjadi juru parkir kendaraan yang datang berkunjung ke lapas itu.

Kalapas Salambue Dwi Sarwona mengakui, adanya napi yang kabur. Menurut dia, napi tersebut kabur ketika sedang membersihkan halaman luar.

”Sebelum kabur, dia sedang membersihkan halaman luar lapas ini,” ungkapnya kepada wartawan ketika ditemui di lokasi, Minggu (21/9/2014).

Menurutnya, minimnya para sipir yang ada di lembaga itu memaksa dia untuk menggunakan jasa para napi membersihkan halaman depan.

Dia menyayangkan sikap Gunawan, padahal dia hanya membutuhkan 1 bulan lagi agar bebas dari hukumannya. ”Entah apa yang dipikirkannya, karena lebih kurang satu bulan lagi dia akan dibebaskan,” tuturnya.

Dwi mengatakan, Gunawan divonis 1 bulan penjara atas kasus pencurian. Untuk mencari keberadaan Gunawan, dia sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian Polres Kota Padangsidimpuan.

”Saya sudah menghubungi Kapolres agar mereka bersedia membantu kami untuk mencari napi yang kabur itu,” imbuhnya.

Sayangnya, Kalapas tidak mau menjelaskan jumlah kasus napi kabur di lapas itu selama dia menjabat.”Sudah lah, yang ini saja belum bisa diselesaikan,” tegasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3025 seconds (0.1#10.140)