Iran Siap Gabung Koalisi Internasional Lawan ISIS

Minggu, 21 September 2014 - 16:55 WIB
Iran Siap Gabung Koalisi Internasional Lawan ISIS
Iran Siap Gabung Koalisi Internasional Lawan ISIS
A A A
TEHERAN - Seorang pejabat senior Iran menyebut, negaranya siap untuk bergabung dengan koalisi internasional bentukan Amerika Serikat (AS) untuk melawan ISIS. Namun, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi AS bila ingin Iran bergabung dalam koalisi.

Melansir Al Arabiya, Minggu (21/9/2014), salah satu syarat menurut pejabat tersebut adalah Iran menginginkan AS memberikan negaranya lebih banyak kebebasan untuk mengembangkan teknologi nuklir mereka. Pejabat tersebut mengatakan, program nuklir Iran semata-mata untuk kebaikan.

"Iran adalah negara yang sangat berpengaruh di wilayah tersebut dan dapat membantu dalam perang melawan ISIS. Tapi, itu adalah jalan dua arah. Anda memberikan sesuatu, Anda akan mendapatkan sesuatu," ungkap pejabat tersebut dalam kondisi anonim.

“ISIS adalah ancaman serius bagi perdamaian dan stabilitas dan dunia. Sedangkan teknoligi nuklir kami tidak berbahaya, karena ditunjukan untuk maksud baik. Kami tidak membuat senjata dari itu (nuklir), ” pejabat tersebut menambahkan.

AS sendiri menganggap Iran sebagai salah satu negara yang berpengaruh, bukan hanya bagi Irak namun untuk Suriah. Iran dikenal sebagai salah satu sekutu Suriah, selain Chian dan Suriah, yang dapat membantu memperlancar koalisi internasional melakukan serangan terhadap ISIS di Suriah.

Namun, seperti diberitakannya sebelumnya, pihak Irak dan AS tidak pernah menyatakan mereka akan melakukan kerjasama. Iran mengatakan telah menolak ajakan AS untuk bergabung melawan ISIS, sedang AS mengatakan tidak pernah menawarkan Iran kerjasama unutk melawan ISIS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4901 seconds (0.1#10.140)