Ini Asal Muasal Nama Bekasi

Minggu, 21 September 2014 - 05:35 WIB
Ini Asal Muasal Nama Bekasi
Ini Asal Muasal Nama Bekasi
A A A
BEKASI - Bekasi nama kota yang berbatasan dengan Jakarta ini pastinya sudah akrab di telinga kita. Namun, tak banyak yang tau asal muasal nama dari kota berjuluk Kota Patriot ini.

Bersumber dari buku Sejarah dan Budaya Bekasi, Sindonews akan berbagi pengetahuan asal muasal Bekasi.

Dari buku yg ditulis Andi Sopandi Kepala Pusat Kajian Kebijakan dan Sosial Budaya (PK2SB) Fisip Unisma 45 Bekasi ini diketahui asal nama Bekasi memiliki beragam versi berbeda.

Seperti yang tertulis dalam buku Riwayat Indonesia I karya Poerbatjaraka (ahli bahasa sansekerta dan jawa kuno), kata Bekasi secara fisiologis berasal dari kata Chandrabhaga yang berarti bagian dari bulan.

Pelafalan kata Chandrabagha berubah dengan makna yang sama yakni, Sashi Bhaga, kemudian Bhagasasih. Pada perkembanganya, pelafalan kata Bhagasasi mengalami perubahan.

Berbagai sumber tertulis abad ke 18 sampai 21 menerangkan nama Bekasi dengan tulisan Bekasie, Bekasjie, Bekasie, Bekassi dan terakhir Bekasi.

Berdasarkan penelusuran Poerbatjaraka diduga bahwa Bekasi merupakan salah satu pusat Kerajaan Tarumanegara.

Dugaan ini berdasarkan temuan Prasasti Tugu yg ditemukan di Cilincing. Prasasti ini merupakan yang terpanjang dan memuat keterangan mengenai Kerajaan Tarumanegara dan Sungai Chandrabhaga.

Dalam tulisan prasasti tersebut digambarkan perintah Raja Purnawarman untuk menggali Kali Chandrabhaga sampai ke istananya.

Penemuan Poerbatjaraka ini masih sangat sederhana apabila dilihat dari tingkat validitasnya bagi beberapa kalangan ahli sejarah dan bahasa.

Akan tetapi kajian ini setidaknya menjadi bahan acuan atau pedoman bagi penelusuran secara mendalam mengenai asal muasal nama Bekasi.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3789 seconds (0.1#10.140)