Menteri Ekonomi Harus Konservatif dan Dipercaya Pasar

Sabtu, 20 September 2014 - 08:11 WIB
Menteri Ekonomi Harus Konservatif dan Dipercaya Pasar
Menteri Ekonomi Harus Konservatif dan Dipercaya Pasar
A A A
JAKARTA - Pengamat ekonomi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Denni P Purbasari mengatakan, calon menteriekonomi bidikan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) harus konservatif dan dipercaya pasar.

Selain itu, kata-kata yang dikeluarkan dalam statement para punggawa pemerintahan bidang ekonomi harus "suci" dan jauh dari kepentingan.

"Konservatif, dipercayai pasar, kata-katanya suci. Jadi, dia harus konservatif dalam arti enggak nggih-nggih pada politik. Dipercaya pasar dalam arti track record dia bagus, dan kata-katanya suci," ujar Denni di Sekretariat Ansor Jakarta, Jumat (19/9/2014).

Dia melihat, sosok Agus Martowardojo dan Chatib Basri dinilai mumpuni untuk menjadi pembantu presiden bidang ekonomi. Menurutnya, tak masalah mereka berasal dari profesional murni atau profesional partai.

"Agus dan Chatib (cocok). Saya enggak lihat dari partai atau enggak. Tapi kan ini kalau bertarung dengan persepsi pasar. Pasar itu punya pikiran sendiri lho, dan pasar itu pasti tahu," terangnya.

Denni menyebutkan, yang terpenting dari calon menteri bidang ekonomi harus kredibel dan memiliki latar belakang ekonomi yang kuat dan tidak palsu.

"Sekarang itu kan dunia Google. Ini nama di Google saja, pendidikannya kayak mana. Kalau pendidikannya abal-abal, orang takut. Wah, ini enggak bisa berdiri dengan prinsip. Jadi, bukan partai enggak partai," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8092 seconds (0.1#10.140)