JK Pede Ekonomi RI Bisa Tumbuh 8%

Jum'at, 19 September 2014 - 10:37 WIB
JK Pede Ekonomi RI Bisa Tumbuh 8%
JK Pede Ekonomi RI Bisa Tumbuh 8%
A A A
JAKARTA - Wakil presiden (wapres) terpilih Indonesia periode 2014-2019 Jusuf Kalla (JK) mengaku percaya diri bahwa tidak sulit untuk mewujudkan ekonomi Indonesia tumbuh 7% hingga 8%. Pasalnya, Indonesia saat ini telah tumbuh di atas 5%.

"Kita punya berbagai macam kendala, subsidi tinggi, impor naik, ekspor turun, keputusan lambat, lahan susah tapi bisa tumbuh 5%. Tidak banyak yang diusut saja bisa tumbuh luar biasa. Kalau kita tekan subsidi, perbaiki perizinan, perbaiki soal lahan, kita bisa tumbuh 7%-8%," ujarnya di Hotel Four Season, Jakarta, Kamis (18/9/2014) malam.

Bahkan, mantan wapres RI periode 2004-2009 ini berujar bahwa seharusnya Indonesia bersyukur memiliki banyak kendala. Sebab, ini menandakan peluang untuk bisa tumbuh lebih baik semakin terbuka lebar. JK mengaku berkaca pada Singapura, yang tidak bisa tumbuh lagi lantaran semua sudah dilakukan dengan baik.

"Saya bersyukur banyak kesulitan, kalau tidak ada kesulitan, kita juga sulit. Kalau banyak yang bisa diperbaiki, berarti bisa banyak tumbuh. Singapura tidak ada perbaikan makanya tidak bisa tumbuh lebih tinggi lagi, mereka mau tumbuh ke mana?" jelas dia.

JK menjelaskan, pembangunan infrastruktur tak bisa dibangun hanya oleh pemerintah. Menurutnya, pihak swasta harus terlibat dalam proyek pembangunan infrastruktur.

Sementara masalah perizinan, dia mengatakan, sebagai tanggung jawab pemerintah. "Masalah perizinan itu gampang, pemerintah yang urus. Tapi yang lain harus dibantu pengusaha mengatasi hal tersebut," tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6007 seconds (0.1#10.140)