Jokowi Pastikan Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas

Jum'at, 19 September 2014 - 10:28 WIB
Jokowi Pastikan Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas
Jokowi Pastikan Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas
A A A
JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan memangkas anggaran perjalanan dinas di setiap kementerian dan lembaga (K/L).

"Saya ingin efisienkan anggaran yang ada. Contoh perjalanan dinas Rp30 triliun, itu untuk apa? Anggaran rapat Rp18 triliun itu rapat apa?" ujar Jokowi saat ditemui di Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Mantan Walikota Solo ini menyebutkan, pihaknya akan mengintensifkan biaya-biaya kantor yang dinilai terlalu besar, dan masih bisa disisihkan untuk hal lain yang lebih produktif.

"Biaya kantor, saya udah hapal karena saya sudah dari walikota, gubernur. Saya ini pengusaha, semua harus dipertanggungjawabkan," katanya. (Baca: 14 Usulan Pengusaha terhadap Pemerintah Baru)

"Contoh DKI saja, anggaran kantor yang kelihatannya kecil, seperti beli kertas, tinta, kalau dikumpulkan bisa Rp4,2 triliun. Penghematan seperti itu yang bisa kita lakukan untuk hemat anggaran," tandas Jokowi.

Seperti diketahui, Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2015 yang dibentuk pemerintah dinilai kubu Jokowi memberikan ruang fiskal yang sempit untuk memasukkan program-program pemerintah baru. Atas alasan itu mereka akan melakukan efisiensi anggaran negara.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3351 seconds (0.1#10.140)