Sebut Koalisi Setan, al-Qaeda Akan Bantu ISIS Lawan AS

Rabu, 17 September 2014 - 08:30 WIB
Sebut Koalisi Setan, al-Qaeda Akan Bantu ISIS Lawan AS
Sebut Koalisi Setan, al-Qaeda Akan Bantu ISIS Lawan AS
A A A
SANAA - Al-Qaeda siap membantu ISIS untuk melawan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya yang menyatakan perang terhadap kelompok ISIS atau Negara Islam Irak dan Suriah itu. Al-Qaeda menyebut, koalisi itu sebagai koalisi setan.

Pernyataan siap membantu ISIS itu, disampaikan al-Qaeda di Semenanjung Arab atau AQAP melalui posting-online.

”Hentikan pertikaian di antara Anda, dan berdiri untuk melawan kampanye Amerika dan aliansi setan yang menunggu kita semua, untuk menghancurkan kita,” bunyi pesan al-Qaeda. (Baca: Koalisi Dunia Musuh ISIS Terancam Pecah)

Al-Qaeda minta kelompok-kelompok militan dan pendukungnya untuk berhenti saling fitnah, untuk melawan serangan aliansi AS yang meenurut mereka tidak adil. Kelompok itu menggunakan istilah tentara salib untuk menyebut pasukan AS dan koalisi.

”Dalam menghadapi kampanye serangan tentara salib yang tidak adil ini, kita tidak punya pilihan selain untuk berdiri di depan para pembenci itu, yang merupakan musuh nyata,” lanjut pernyataan al-Qaeda, seperti dikutip Reuters, Rabu (17/9/2014). (Baca juga: Tumpas ISIS, Jet-jet Tempur AS Bombardir Wilayah Irak)

Pernyataan al-Qaeda untuk membantu ISIS melawan AS dan koalisinya itu, merupakan hal langka. Sebab, sebelumnya al-Qaeda terlibat perseteruan dengan kelompok yang dipimpin Abu Bakar al-Baghdadi itu. Perseteruan dipicu perbedaan prinsip dalam perang saudara di Suriah.

Puncaknya, pada Februari 2014, al-Qaeda mengumumkan, bahwa ISIS bukan cabang dari al-Qaeda. Kelompok yang didirikan Osama bin Laden itu, merasa tidak nyaman dengan kebengisan para militan ISIS, sehingga memutuskan untuk bermusuhan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4312 seconds (0.1#10.140)