Omongan Jokowi Soal Komposisi Kabinet Tak Konsisten

Selasa, 16 September 2014 - 05:33 WIB
Omongan Jokowi Soal Komposisi Kabinet Tak Konsisten
Omongan Jokowi Soal Komposisi Kabinet Tak Konsisten
A A A
JAKARTA - Postur kabinet Jokowi-Jusuf Kalla yang berjumlah 34 kementerian dikritik. Terlebih, Jokowi memberikan 16 pos kementerian untuk orang parpol.

"Ini merupakan bentuk dari inkonsistensi Jokowi atas apa yang pernah disampaikannya ke publik," ujar Pengamat Politik dari Universitas Padjajaran (Unpad) Idil Akbar kepada Sindonews melalui pesan singkat, Senin 15 September 2014 malam.

Menurut dia, merampingkan kabinet bukanlah hal yang mudah dilakukan. Karena, ujar dia, hal itu terkait dengan kompleksitas bidang kerja yang dilakukan oleh masing-masing kementerian.

"Selain itu, Jokowi juga suka tidak suka harus berhadapan dengan realitas politik kepartaian," katanya.

Ia menilai, realitas politik sebenarnya adalah parpol pendukung yang tentu menginginkan keterlibatan langsung di kabinet Jokowi-JK. Maka sangat mungkin jumlah kementerian yang masih sama dengan pemerintahan sebelumnya adalah sebentuk politik akomodatif Jokowi terhadap parpol pendukungnya.

"Soal profesional tidaknya calon menteri dari parpol barulah bisa kita lihat nanti seperti apa komposisi yang ada dan penempatannya," pungkasnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9819 seconds (0.1#10.140)