Dunia Diambang Perang Dunia Ketiga

Minggu, 14 September 2014 - 13:48 WIB
Dunia Diambang Perang Dunia Ketiga
Dunia Diambang Perang Dunia Ketiga
A A A
VATIKAN - Pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus atau yang biasa disapa Paus Francis menilai semakin banyaknya konflik yang terjadi di dunia saat ini bisa menimbulkan konsekuensi yang serius. Dirinya menilai, konflik yang terjadi bisa memicu perang dunia ke-3, sebuah hal yang sangat ditakutinya.

“Konflik yang ada di seluruh dunia saat ini secara efektif telah membawa kita ke dalam situasi menuju perang dunia,” ungkap Paus Francis, setelah melayat dari makam sang Ayah yang merupakan veteran Perang Dunia pertama.

Seperti dilansir Al Jazeera, dirinya juga mengatakan, semua konflik yang terjadi di dunia diakibatkan bebasnya penjualan senjata dan juga semakin berkembangnya kelompok-kelompok teroris. “Saya mengutuk segala jenis penjualan senjata, dan aksi terorisme yang menabur kematian dan kehancuran.” ucap Paus Francis.

Menurutnya, perang adalah sebuah tindakan irasional yang hanya menyebabkan kehancuran, dan tidak memiliki efek positif sama sekali.

“Perang adalah hal gila. Namun, saat ini setelah dua perang sebelumnya, sudah ada yang mulai memancing perang dunia ke-3, dengan sedikit demi sedikit melakukan teror, kehancuran dan pembantaian,” ucap pemimpin Vatikan itu.

Dalam pandangannya, dewasa ini terdapat beberapa hal yang dapat memicu terjadinya Perang Dunia.
“Keserakahan, intoleransi, nafsu untuk kekuasaan. Motif inilah yang kerap menggantung di pikiran seseorang yang menginginkan perang,” jelas Paus Francis.

Pemimpin Vatikan itu menegaskan, dirinya berharap semua konflik yang terjadi di dunia dapat diselesaikan dengan cara damai, dan bukan dengan kekerasan. “Saya telah berulang kali membuat permohonan agar dunia internasional mengakhiri konflik di Ukraina, Irak, Suriah, Gaza dan sebagian Afrika dengan cara-cara damai,” ucapnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4643 seconds (0.1#10.140)