Fasos Fasum di Depok Jadi Apartemen & Hotel

Kamis, 11 September 2014 - 18:27 WIB
Fasos Fasum di Depok Jadi Apartemen & Hotel
Fasos Fasum di Depok Jadi Apartemen & Hotel
A A A
DEPOK - Maraknya pembangunan di Kota Depok tak diimbangi dengan fasilitas umum dan sosial seperti ruang terbuka hijau (RTH). Seperti di Jalan Margonda, tidak ada fasos dan fasum dan hanya dihiasi bangunan hunian mulai dari hotel hingga apartemen.

Pemerhati Tata Kota Rivalino Alberto mengatakan, pihaknya melihat adanya alih fungsi fasos dan fasum tersebut. Kedua hal itu yang seharusnya dijadikan RTH justru dijadikan bangunan seperti apartemen dan hotel.

Hal itu juga terjadi di Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat.

"Kemarin kami menemukan adanya lahan swasta di Kelurahan Limo, Kecamatan Limo yang seharusnya dijadikan RTH malah dijadikan apartemen," katanya kepada wartawan di Depok, Kamis (11/9/2014).

Selain di Limo, kata dia, dirinya juga menemukan alih fungsi fasos fasum menjadi bangunan di Jalan Margonda Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji. Di lokasi itu, salah satu pusat perbelanjaan mengubah fungsi fasos, fasum, RTH menjadi hotel.

"Izin bangunan hanya mal, sekarang malah ada hotel," katanya.

Selain itu, kata dia, dirinya juga menemukan salah satu bangunan di Jalan Margonda apartemen tidak punya RTH. Di bagian jalan, seharusnya menggunakan konblok justru malah dilapis aspal.

"Hampir seluruh aparteme yang ada di kota Depok tidak memiliki ruang terbuka hijau dan taman, sebagai resapan," katanya.

Padahal, aturan fasos fasum tertuang dalam Perda No 14 tahun 2013. Isinya, pengembang perumahan yang mengajukan izin di atas 10 hektar harus menyediakan fasum fasos untuk sekolah dan terbangun.

"Melihat kondisi ini, kami nilai ada pelanggaran dan bertentangan dengan Permendagri No 6 tahun 2009 tentang fasum fasos dan utility. Kami hanya harus menyerahkan lahan sekian persen, tanpa terbangun. Artinya hanya lahannya saja," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5546 seconds (0.1#10.140)