Harga Daging Ayam Potong di Semarang Naik

Selasa, 09 September 2014 - 16:39 WIB
Harga Daging Ayam Potong di Semarang Naik
Harga Daging Ayam Potong di Semarang Naik
A A A
SEMARANG - Harga ayam potong di pasar tradisional di Kota Semarang mengalami kenaikan antara Rp2.000-Rp3.000 per kilogram dari harga sebelumnya. Kenaikan tersebut terjadi dalam sepekan terakhir.

Berdasarkan pantauan di Pasar Johar Semarang, harga ayam potong per kg Rp32 ribu atau naik Rp2.000 dibandingkan sebelum dan sesudah Lebaran yang harganya hanya dikisaran Rp29.000-Rp30.000 per kg.

"Ya naik kalau dibandingkan saat Lebaran. Kalau waktu Lebaran kita jual per kilonya Rp30 ribu, sekarang Rp32 ribu," ujar Wodo, salah satu pedagang ayam potong di Pasar Johar Semarang, Selasa (9/9/2014).

Dia mengaku, kenaikan harga yang terjadi bukan karena akibat pasokan yang tidak lancar, mengingat setiap hari pasokan dirasa cukup lancar dan berlimpah.

"Kenaikan harga sudah terjadi di tempat pemotongan ayam, jadi kami pedagang ya mau tidak mau harus ikut menaikkan harga," katanya.

Kenaikan harga daging ayam tersebut diakui sejumlah pedagang berdampak pada omzet penjualan mereka. Omzet penjualan menjadi turun, meski tidak terlalu banyak.

Sementara, untuk ayam kampung justru harganya stabil, yakni Rp30ribu per ekor untuk jantan ukuran sedang, dan betina atau babon seharga Rp45.000-Rp50.000 per ekor tergantung besar kecilnya ukuran ayam.

Berbeda dengan pasar Johar, di Pasar Rasalama Banyumanik harga ayam potong justu lebih mahal yakni Rp33 ribu. Bahkan dua hari sebelumnya sempat menyentuh harga Rp35 ribu per kg.

Selain ayam potong yang mengalami kenaikan sejumlah komoditi juga mengalami kenaikan, seperti kacang tanah misalnya jika sebelumnya per kg hanya Rp13 ribu, saat ini harganya naik menjadi Rp18ribu per kg.

Kenaikan juga terjadi pada merica. Bumbu dapur ini mengalami kenaikan cukup tinggi yakni dari harga awal Rp140 ribu per kg, saat ini menjadi Rp160 ribu per kg.

"Kalau untuk bawang putih dan bawang merah masih stabil seperti pada saat Lebaran yakni Rp10 ribu untuk bawang putih dan Rp12 ribu untuk bawang merah," kata Narti, penjual bumbu di Pasar Johar.

Sementara untuk cabai, yang sebelumya sempat anjolok, kini perlahan mulai mengalami kenaikan. Berdasarkan pantauan harga cabai rawit di pasaran saat ini Rp10 ribu, cabai kriting merah Rp13 ribu, cabai kriting hijau Rp8 ribu.

Salah seorang pembeli, Lusi warga Pekundeng mengaku, meski bukan menjadi kebutuhan pokok, kenaikan harga daging ayam potong cukup dirasakan.

Menurut dia, harga di pasar relatif lebih murah ketimbang di penjual keliling. Pasalnya di penjual keliling per kg bisa mencapai Rp34.000-35.000. "Kalau dipenjual keliling malah lebih mahal, makanya saya pilih beli di pasar," katanya.

Sementara, Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng Jam Jam Zamachsyari menilai, meski ada kenaikan harga beberapa komoditi namun kenaikan tersebut tidaklah terlalu signifikan.

"Ada beberapa komoditas yang memang harganya belum kembali normal setelah Lebaran bahkan ada yang naik, namun kenaikan tidak terlalu signifikan," katanya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4404 seconds (0.1#10.140)