Sulut Minta Pembebasan Lahan Tol Selesai Tahun Ini

Sabtu, 06 September 2014 - 18:27 WIB
Sulut Minta Pembebasan Lahan Tol Selesai Tahun Ini
Sulut Minta Pembebasan Lahan Tol Selesai Tahun Ini
A A A
MANADO - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Sinyo Harry Sarundajang meminta pembebasan lahan tol Manado-Bitung yang kurang dari empat bulan ini, jangan ada pihak yang ingin mengambil keuntungan dan menghambat, karena risikonya tinggi.

Sinyo juga meminta agar pembebasan lahan tol Manado-Bitung selesai tahun ini. "Tol adalah milik kita bersama. Milik negara untuk rakyat. Harus selesai tahun ini, kiranya jangan ada yang memanfaatkan kesempatan sebab negara kita negara hukum," terangnya, Sabtu (6/9/2014).

Untuk pembebasan lahan, kata dia, Pemrov telah mengalokasikan anggaran APBD sebesar Rp400 miliar.

"Kami sudah mengundang banyak investor untuk pembangunan tol ini dengan sayarat harus ikut tender," jelasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bitung juga menargetkan pembebasan lahan tol Manado-Bitung akhir tahun ini.

"Sesuai target Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp150 miliar untuk pembebasan lahan tol di daerah tersebut harus terealisasi hingga akhir 2014," ujar Wakil Walikota Bitung Maximilian J Lomban belum lama ini.

Waktu pembebasan lahan tol, tidak lama. Karena itu, pihak kecamatan yang masuk dalam peta bidang pembangunan jalan tol Manado-Bitung harus menyiapkan gambaran sementara tentang peta bidang pembebasan lahan tol.

Tujuannya untuk mempermudah proses identifikasi para pemilik lahan. "Para camat, harus berkoordinasi dengan lurah dan ketua RT untuk mencari tahu siapa pemilik lahan yang masuk dalam peta bidang tersebut," harapnya.

Dengan demikian, kata Lomban, ketika semua pemangku kepentingan saling berpadu, langkah awal percepatan proses pembebasan lahan di kota Bitung semakin bermanfaat.

"Pembebasan lahan jalan tol harus dipacu, jangan jalan di tempat. Mengingat pelaksanaan pekerjaan yang tidak lama lagi," jelasnya.

Dia berharap, panitia pembebasan lahan yang terbentuk bisa bekerja secara maksimal serta tahu apa yang menjadi tugas pokok juga fungsi serta tidak asal-asalan dalam bekerja.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9822 seconds (0.1#10.140)